Pengaruh Karakteristik Responden dengan Keterampilan Petani dalam Mengolah Limbah Hasil Pertanian di Kampung Majener Kabupaten Sorong

Authors

  • Febrianti Rosalina Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Niny Jeni Maipauw Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v13i1.1174

Keywords:

Limbah, Hasil Pertanian, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar karakteristik petani dengan keterampilannya dalam mengolah limbah hasil pertanian dalam meningkatkan kesuburan tanah khususnya pada masyarakat petani di Kampung Majener, Kabupaten Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, survei dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keterampilan dengan jenjang Pendidikan terakhir memiliki tingkat keterhubungan yang siginifikan sebesar 0,085 dengan korelasi sebesar 0,320 dibandingkan dengan 3 aspek lainnya, hal ini memperlihatkan bahwa penguasaan keterampilan oleh petani menjadi sebuah hal yang sangat menunjang kemampuan petani dalam mengolah limbah hasil pertanian secara mandiri yang dilandasi oleh tingkat/jenjang Pendidikan terakhir dari petani itu. Artinya keberhasilan petani dalam mengolah limbah hasil pertanian ditunjang oleh jenjang Pendidikan yang baik pula dan dapat berdampak pada kesejahteraan para petani dimasa yang akan datang.

References

Anggini, D., Hartono, R., & Anwarudin, O. 2019. Perilaku Petani dalam Pemanfaatan Limbah Sayuran Sebagai Pupuk Bokashi pada Tanaman Sawi Putih. Jurnal Triton, 10(1), 99– 115.

Badan Pusat Statistik. [BPS]. 2016. Statistik Daerah Distrik Salawati. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sorong.

Insani, R., Sulistyowati, D., dan Pradiana, W. 2020. Respon Petani dalam Pemanfaatan Limbah Organik Sayur sebagai Pupuk Kompos pada Komoditas Sayuran di Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Agricore, 5(1): 79-93.

Mantra. I.B. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipat. Jakarta.

Nurhafni. 2014. Hubungan Karakteristik Petani dengan Partisipasi Petani Dalam Melaksanakan Fungsi Kelompoktani di Kecamatan Idi Tunong Kabupaten Aceh Timur. Medan.

Nuryati, L.D. (2003). Peranan Media Komunikasi terhadap Prilaku Petani dalam Berusaha Tani Melon (Curcumis Melo L) di Kabupaten Medium. Malang. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Padmowiharjo, S. 2002. Evaluasi Penyuluhan Pusat. Universitas Terbuka. Jakarta.

Pratiwi, E. R., & Sudrajat. 2012. Perilaku Petani dalam Mengelola Lahan Pertanian di Kawasan Rawan Bencana Longsor. Jurnal Bumi Indonesia, 1(3), 355–362.

Prihandirini. 2004. Manajemen Sampah Daur Ulang Sampah Menjadi Pupuk Organik.

Perpod. Jakarta.

Rinanto, Y., Sajidan, & Fatmawati, U. 2015. Pemanfaatan Limbah Sisa Hasil Panen Petani Sayuran di Boyolali sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Cair Organik menuju Pertanian Ramah Lingkungan. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 231–236.

Rukka, Hermaya, dan Wahhab, A. 2013. Faktor yang mempengaruhi motivasi petani dalam pelaksanaan kegiatan P2BN di Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jurnal Agrisistem

Simanungkalit. 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Wardhani, H. P., Mardiningsih, D., dan Satmoko, S. 2018. Peran Penyuluh Pertanian terhadap Keterampilan Petani Padi di Kelompok Tani Sidomakmur di Desa Dengkek Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu-Ilmu pertanian, 25(1): 81-90.

Wawan, A dan Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Rosalina, F., & Maipauw, N. J. (2021). Pengaruh Karakteristik Responden dengan Keterampilan Petani dalam Mengolah Limbah Hasil Pertanian di Kampung Majener Kabupaten Sorong. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 13(1), 24–31. https://doi.org/10.33506/md.v13i1.1174