Karateristik Demografi, Sosial Dan Ekonomi Terhadap Alih Fungsi Lahan Petani Di Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Authors

  • Zulkarnain Sangadji Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v10i3.179

Keywords:

Demografi, sosial, ekonomi, alih fungsi lahan

Abstract

Kabupaten sorong merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua Barat yang dijadikan sebagai  salah satu daerah  pengembangan pertanian.  Perilaku dan pola hidup mayarakat petani  telah merubah penggunaan lahan pertanian ke non pertanian di beberapa wilayah di kabupaten sorong seperti pada Distrik Aimas.  Distrik Aimas sebagai bagian dari  Kabupaten Sorong mengalami peningkatan pembangunan yang begitu pesat sehingga berakibat pada  pergeseran penggunaan lahan dari pertanian ke non pertanian. Penurunan produksi hasil pertanian akibat berkurangnya lahan akan menjadi permasalahan di masa yang akan datang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik demografi, sosial dan ekonomi  terhadap alih fungsi lahan pertanian di Distrik Aimas. Metode yang digunakan adalah  Metode penelitian sensus digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data secara keseluruhan dari populasi tanpa diambil sampel. Metode ini dipilih karena jumlah penduduk yang masuk dalam kategori responden adalah yang mengalihkan lahannya pertaniannya ke non pertanian  dikarenakan telah pindah, meninggal dunia, serta penduduk yang tidak melapor kepada kepala kelurahan atau ketua kelompok tani ketika mengalihfungsikan lahan pertaniannya

Berdasarkan hasil penelitian diketahui Karateristik demografi, sosial dan ekonomi kelurga petani , dimana 66,67 % petani tergolongan dalam kelompok keluarga sedang  dengan sebaran usia kepala keluarga tergolong masih produktif  sebesar 33,33 % sedangkan   tingkat pendidikan kepala kelurga didominasi  oleh lulusan Sekolah Menegah Pertama (SMP) sebesar 50, 00 %.  Minimnya pengetahuan dan keterampilan petani berdampak kepada aspek  ekonomi keluarga petani.

Kata Kunci : Demografi, sosial, ekonomi, alih fungsi lahan

References

Arifin, Bustanul. 2007. Diagnosis Ekonomi Politik Pangan dan Pertanian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BPS. 2017. Disrik Aimas Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kabupaten Sorong.

Gunarsa S, Gunarsa Y. 2008. Psikologi Parktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta. BPK Gunung Mulia.

Irawan B. 2005. Konversi Lahan Sawah: Potensi Dampak, Pola Pemanfaatan dan Faktor Determinan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial ekonomi Pertanian, Bogor.

Irawan, Bambang. 2005. Konversi Lahan Sawah : Potensi Dampak, Pola Pemanfaatannya dan Faktor Determinan. Forum Penelitian Agro Ekonomi Vol. 23. No. 1. Tahun 2005. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian.

Supangat, A. 2007. Statistika Dalam Kajian Deskriptif. Jakarta. Prenada Media Grafika.

Widyanti W, Suryahadi A, Sumarto S, Yumna A. 2009. The Relationship between chronic Poverty and Household Dynamics: Evidence From Indonesia/Jakarta: SMERU Research Institute.

Downloads

Published

2018-11-14

How to Cite

Sangadji, Z., & Mardliyah, U. (2018). Karateristik Demografi, Sosial Dan Ekonomi Terhadap Alih Fungsi Lahan Petani Di Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 10(3), 9–13. https://doi.org/10.33506/md.v10i3.179