Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Menggunakan QR-Code Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Simpang Hilir

Authors

  • Sonia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Anandita Eka Setiadi Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Hanum Mukti Rahayu Universitas Muhammadiyah Pontianak

Keywords:

Biologi, Hasil Belajar Siswa, JAS, QR-Code

Abstract

JAS digunakan untuk memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai objek pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model JAS menggunakan QR-Code terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Simpang Hilir. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen, pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian kelas eksperimen menghasilkan rata-rata nilai pretest 22,36, rata-rata nilai posttest 85,76. Kelas kontrol nilai pretest 24,67, nilai posttest 56,01. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji normalitas dengan Shapiro Wilk dikelas eksperimen memperoleh hasil nilai pretest dengan sig 0,141>0,005 dan nilai posttest 0,056>0,005, kelas eksperimen berdistribusi normal, dan pada kelas kontrol data pretest nilai sig 0,000<0,005 dan posttest sig 0,000<0,005, pada kelas kontrol tidak normal. Dilakukan uji U Mann-Whitney sig 0,001<0,005, tidak terdapat perbedaan signifikan dengan model JAS menggunakan QR-Code. Uji Effet Size memperoleh hasil 1,07 (Kreteria Tinggi), terdapat pengaruh dengan model JAS Menggunakan QR-Code.

References

Adawiyah, R. (2019). Andragogi Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1, No. 2 Tahun 2019 Magister Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Pendidikan Islam, 1(2), 197–217.

Ahmadi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas). Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25–32. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.64

Aly, M. I. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII MTs-Al-Farabi Wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur. JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(1), 25–35.

Aminah, S., & Ramdhan, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar ( JAS ) Berbasis Ethnoscience Terhadap Kewirausahaan Peserta Didik. 12(2), 146–155.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Berliana, A. U., Mailizar, Faiza, & Leonard. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android melalui Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan). Jidr, 2(2), 58–68. https://eduresearch.web.id/index.php/jidr/article/view/14

Buchari, W., & Hidayat, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Tumbuhan Mangrove Di Sofifi Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 11 Kota Ternate Oleh. Journal Of Biology Education And Science, November, 22–34. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Mkm, L., & Usman, A. (2024). Penerapan Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan LKPD-QR Code untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Keanekaragaman Hayati. 1–12.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Palahudin, P., Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.9776

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Putra, S. H. J. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030

Ramadhani*, D. P., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Penerapan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPA dan Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 77–89. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19607

S, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Bioeduscience, 2(1), 74. https://doi.org/10.29405/j.bes/74-80121314

Sari, I. K. (2022). Analisis Pengaruh LKPD Berbasis QR-Code dan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kelas XI SMA Nuris Jember Materi Alat Optik. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 8(3), 18. https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i3.35357

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30

Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156

Yanthi, L. E. (2021). Penerapan Metode Permainan Dengan Qr Code Untuk Meningkatkan Fokus Perhatian Siswa Dengan Adhd. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2), 271–284. https://doi.org/10.47239/jgdd.v4i2.298

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2020). Pengaruh Model Pbl Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3043

Downloads

Published

07/11/2024

How to Cite

Sonia, Setiadi, A. E., & Rahayu, H. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Menggunakan QR-Code Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Simpang Hilir. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(1), 91–98. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/3514

Issue

Section

Articles