Analisis Kelayakan Kawasan Danau Sebedang sebagai Sumber Belajar Biologi
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.4234Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar biologi untuk memberikan pengalaman konkret kepada siswa. Kawasan Danau Sebedang, yang memiliki keanekaragaman ekosistem dan potensi lokal, dianalisis kelayakannya sebagai sumber belajar biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan kawasan Danau Sebedang sebagai sumber belajar biologi berdasarkan aspek kemudahan akses, keamanan, efisiensi waktu, biaya, dan kesesuaian materi ajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket disebarkan kepada 12 guru Biologi/IPA di Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. Data dianalisis dengan menghitung persentase jawaban responden pada lima aspek kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan Danau Sebedang memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi untuk digunakan
sebagai sumber belajar biologi, dengan presentase kemudahan akses sebesar 84%, keamanan 86%, efisiensi waktu 83%, biaya 86%, dan kesesuaian materi ajar 86%. Rata-rata keseluruhan skor kelayakan mencapai 85%, yang tergolong dalam kategori "sangat layak". Temuan ini menunjukkan bahwa kawasan Danau Sebedang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran biologi di tingkat SMP dan SMA, khususnya dalam materi
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan pencemaran lingkungan. Pemanfaatan kawasan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
Kata Kunci: Danau Sebedang, Sumber Belajar, Biologi, Kelayakan, Pendidikan Lingkungan
References
Cholvistaria, M., & Hening, W. (2020). Analisis Perkebunan Organik sebagai Sumber Belajar
Ekosistem. Biolova, 1(2), 118–129.
Chusni, M. M. (2022). Penerapan Model Guided Inquiry Learning dalam Pembelajaran IPA: Respon
Guru dan Siswa. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 4(3), 92–98.
Eurika, N., & Hapsari, A. I. (2017). Analisis Potensi Tembakau Na Oogst sebagai Sumber Belajar
Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 11–22.
Irwandi, & Hery, F. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan
Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED:
Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73.
Mulyasa. (2012). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Remaja Rosdakarya.
Najmulmunir, N. (2015). Memanfaatkan Lingkungan di Sekitar Sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar.
Region, 2(4), 1–9.
Nawawi, H. (2010). Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk Organisasi. UGM Press.
Parmin, P. (2018). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil
Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15.
Purnomo, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe
Surakarta sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 59–69.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2).
Schunk, D. H. (2020). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Indeks.
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA
Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 51–57.
Sukirno. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Kontekstual Berbasis Potensi Lokal Hutan
Mangrove. Jurnal Biodusains, 3(2), 208–216.
Syah, M. (2015). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.