Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue

Authors

  • Pelegia Dianti Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Ari Sunandar Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Anandita Eka Setiadi Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2706

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan di SMA Taman Mulia Kubu Raya masih kurang sesuai dengan materi yang diajarkan dan guru menggalami kendala dalam mengaitkan isu-isu atau fenomena sains dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issue terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI SMA Taman Mulia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimental dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan test pilihan ganda dan uraian. Analisis data menggunakan interprestasi effect size dengan interprestasi Cohen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model Argument Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issue berpengaruh pada penguasaan konsep  siswa sebesar 65,3% dengan nilai effect size  sebesar 1.37 dan berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi sebesar 58,9% dengan nilai effect size sebesar 1.12. Kesimpulan model pembelajaran Argument Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issue berpengaruh besar terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa.

 

Kata kunci: Argument Driven Inquiry, Socio-Scientific Issue, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berargumentasi

References

Agusni , H., A. Abdurrahman, dan I. Wahyudi . 2017. “Pengaruh Keterampilan Argumentasi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung 5(4): 97–104.

Andriani, Y., & Robin, R., 2015, Perbandingan Aktifitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry dan Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII, (Snips), 589–592.

Andriani , Y., (2015). Peningkatan Kemampuan Argumentatif Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Argumen pada Pembelajaran IPA Terpadu di Kelas VII SMP. Pendidikan 7, 114–120.

Andryani . Fitrian . (2016). Penerapan Pendekatan SSI (Socio Scientifici Issues) Menggunakan Edia Power Point Pada Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin , Makasar . Tesis. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makasar

Andriani , Y., & Riandi . (2015). Meningkatkan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran argument driven inquiry pada pembelajaran IPA terpadu di kelas VII SMP . Dan dus A in , 7(2), 120-144.

Anggara , BY & Hanin , N , F . (2023). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Berbasis Isu -Isu Sosiologi . Tadris Ilmu Indonesia Jurnal . 3(1)1-8.

Ariyanti , E., Fadly , W., Anwar, MK, & Sayekti , T. (2021). Analisis Kemampuan Membuat Kesimpulan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Education for Sustainable Development. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 99–107.

Astuti , D., & Fauziah , M. (2021). Kemampuan Argumentasi Siswa pada Pendekatan Interactive Conceptual Instruction ( Ici ) dengan Video Pembelajaran. Ibtida - Jurnal Studi Pendidikan Dasar , 1 (2), 1-17.

Astuti , LS (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48.

Devi, N.D.C., Susanti VH,E., & Indriyanti, N. Y. (2019). Analysis of school Student Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan pendidikan Kimia), 3(3), 141.

Dwi Siti Har.E.A , Muslim & Hernani.(2021). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA. 10 (1). 13-17

Dwiretno, G., & Setyarsih, W. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (Adi) Untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika (Ipf), 07(02), 337–340.

El Arbid, S. S., & Tairab, H. H. (2020). Science teachers’ views about inclusion of socio-scientific issues in uae science curriculum and teaching. International Journal of Instruction, 13(2), 733–748.

Eva, M. (2015). Representing Student Argumentation as Functionally Ermegent From Scientific Activity. Review of Educational Research, 85, 553-590.

Faize, FA, Husain, W., & Nisar, F. (2018). Tinjauan kritis terhadap argumentasi ilmiah dalam pendidikan sains. Jurnal Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi Eurasia , 14 (1): 475–483. Wulandari , R. (2017). Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains , 1:29-35.

Farida, LA, Rosidin , U., & Hasnunidah , N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pembelajaran Fisika dan IPA , 2(2), 15-26

Fatmawati, D. R., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Pustaka jaya. Jakarta

Ginanjar , WS, Utari , S., & Muslim, Dr. (2015). Penerapan Model Inkuiri Berbasis Argumen dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32.

Hadiwidodo , S., Tukiran , & Taufikurahmah , T. (2017). Pengembangan model argument driven inquiry perangkat pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan argumentasi dan hasil belajar siswa. Pascasarjana Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 1416-1421.

Haerul M & Andi Yurini U. (2022). Keefektifan Pembelajaran Biologi Melalui Model Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berdebat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1):69-80.

Handayani , P., Murniati , & M, SS (2015). Analisis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Menggunakan Model Argumentasi Toulmin . Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60–68

Hasni , (2014). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi pada metabolisme sel menggunakan eksperimen Sach dan eksperimen Ingenhouzs . Jurnal Ilmu Serambi, 17 (2), 56-61.

Herlanti , Y., Mardianti , Y., & Rahmawati , R. (2019). Menemukan strategi pembelajaran dalam meningkatkan literasi sains. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Ilmiah JPPI, 5 (1), 59-71.

Hussein, AA, Martin, DO, Lilina , W., Patel, D., Karim , S., Batal, O., Banna , M. , Williams -Andrews, M., Sherman, M., Kanj , M., Bhargava , M., Dresing , T., Callahan, T., Tchou , P., Biase , LD, Beheiry , S., Lindsay, B., Natale , A., & Wazni , O. (2009). Ablasi frekuensi radio fibrilasi atrium di bawah rasio normalisasi internasional terapeutik: Strategi antikoagulan periprosedural yang aman dan manjur . Irama Jantung , 6(10): 1425–1429.

Kim, S. (2015). Analisis jenis pertanyaan guru di ruang kelas berbasis inkuiri dan pengaturan ruang kelas tradisional. Riset IOWA Daring.

Kurniasari, Ika Sakti & Woro Setyarsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 2 (3), 171-174

Macagno, F., & Konstantinidou, A. (2013). What Students’ Arguments Can Tell Us: Using Argumentation Schemes in Science Education. Argumentation

Magee, PA, & Flessner, R. (2012). Berkolaborasi untuk meningkatkan pengajaran berbasis inkuiri dalam kursus metode sains dan matematika dasar, 23 (4): 353—365.

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep 34 Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pendidikan Biologi, 9, 39–45

Marhamah, O. shofiyatun, Nurlaelah, I., & Setiawati, I., 2017, Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Beragumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang, Quagga, 9(2), 46–54.

Miaturrohmah , M., & Fadly , W. (2020). Menengok Potret Keterampilan Argumentasi Mahasiswa pada Konsep Pewarisan (Studi Keterampilan Abad 21). INSECTA: Jurnal Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran Sains Integratif, 1(1), 17.

Miriam Stolz , Torsten Witteck , Ralf Marks dan Ingo Eilks . (2013). Mencerminkan Isu Sosial-Ilmiah Untuk Pendidikan IPA Berasal Dari Kasus Pengembangan Kurikulum Doping Dalam Pendidikan Kimia . (Jurnal Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi Eurasia ) . 9(4): 363

Mutia, S.A.M. 2015. “Pembelajaran IPA Terpadu Pencemaran Lingkungan Dengan Argument-Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP”. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Mutiah & Yurni. (2022). Evektifitas Pembelajaran Biologi melalui Model Argumend Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berargumentasi & Hasil Belajar Siswa. Binomia. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(1). 69-80

Noviyani , M., Kusairi , S., Amin, M., ND (2017). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Inkuiri Berbasis Argumen .5.

Noviyani, Mahmuda, dkk. 2017. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA Dengan Inkuiri Berbasis Argumen. Jurnal Pendidikan. 2(7): 974-978

Nurhusna , F., Rosidin , U., Herlina , K., & Hasnunidah , N. (2018). Pengaruh penerapan model adi terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan perbedaan tipe kepribadian. JKSE, 1(1), 39-52.

Nuryandi, A., & Rusdiana, D. (2015). Penerapan Dialogical Argumentation Instructional Model (DAIM) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Argumentasi Siswa SMA pada Materi Listrik Statik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3).

Ozden, M. (2015). Prospective elementary school teachers’ views about socioscientific issues: A concurrent parallel design study. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 333-354.

Prasinta , JD, Kadaritna , N., & Tania, L. (2018) Keefektifan Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentatif Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik. Biotek. 4(1). 14-23.

Pritasari, AC, Dwiastuti, S., & Probosari, RM (2016). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 1–7. Diambil dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/7278/5060

Rahayu , S , D. Ashadi , A. & Dwiastuti , S. (2019). Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Pengetahuan Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Seminar Nasional Pendidikan Sains . 82-85.

Risdiyanto , TA, Yuniarti , E., Yogica , R., & Syamsurizal (2019). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan literasi sains terhadap kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pernapasan manusia. Trium Pendidikan Biologi , 4 (1) , 116-124.

Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. (2004). The Morality of Socioscientific Issues: Construal and Resolution of Genetic Engineering Dilemmas. Science Education, 88(1), 4–27.

Safira , CA, Hasnunidah , N., & Sikumbang , D. (2018). Pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi siswa dengan kemampuan akademik berbeda. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia , 1 (2), 46-51.

Samson, dkk. 2014. Penyelidikan Berbasis Argumen dalam Biologi. Amerika Serikat: NSTA Press.

Sampson, V dan Gleim, L. 2009. Argument Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts dan Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-472.

Sampson, V., Grooms, J., & Walker, J. P. (2010). Argument-Driven Inquiry as a way to help students learn how to participate in scientific argumentation and craft written arguments: An exploratory study. Science Education, 95(2), 217–257.

Sampson, V., Grooms, J., & Walker, JP, (2011), Argument-Driven Inquiry sebagai cara untuk Membantu Siswa Belajar Bagaimana Berpartisipasi dalam Argumentasi Ilmiah dan menyusun Argumen Tertulis: Sebuah Studi Eksplorasi. Pendidikan Sains, 95(2), 217–257.

Siska , S., Triani , W., Yunita , Y., Maryuningsih , Y., & Ubaidillah , M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sosio Ilmiah untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika Edu Science , 8(1), 22–32.

Siska . Yunita . & Mujib , U . (2019). Strategi Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan di Kelas XI MIPA SMAN 1 Suranenggala . Jurnal Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia . 2(1). 50-69

Subiantoro, A. W., & Ariyanti, N. A. (2013). Pembelajaran Materi Ekosistem Dengan Socio-scientific Issues Dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 41-47.

Suardi. (2020). Model pembelajaran dan disiplin belajar di sekolah. Yogyakarta: Prama Ilmu

Sudarisman , S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 dan Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea , 2: 29-35.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik SMA, MAN, dan Perguruan Tinggi Tingkat I. JPEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30-40.

Wahyunan Widhi, M. T., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91.

Walker, J. P. (2011). Florida State University Libraries. Fam Med, 46(2), 100–104.

Walker, J. P., Sampson, V., & Zimmerman, C. O., 2011, Argument-Driven Inquiry: an Introduction to a New Instructional Model for Use in Undergraduate Chemistry Labs, Journal of Chemical Education, 88(8), 1048–1056.

Wentzel, A. (2017). A Guide to Argumentative Research Writing and Thinking. A Guide to Argumentative Research Writing and Thinking.

Zahara , Intan Kamila , Undang Rosidin , Kartini Helina1 dan Neni Hasnunidah . 2018. Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry ( Adi ) Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Fisika dan Pembelajaran (JIFP) 2(2 ) : 53-61

Zahara, Intan Kamila, Undang Rosidin, Kartini Helina1 dan Neni Hasnunidah.2018.Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (Adi) Pada Pembelajaran IPATerhadap Keterampilan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2(2) : 53-61

Zeidler , DL, dkk. (2005). Di luar STS: Kerangka Kerja Berbasis Penelitian untuk Pendidikan Masalah Sosiologis . Jurnal Pendidikan Sains . 89(3):357-377.

Zeidler, D. L., Herman, B. C., & Sadler, T. D. (2019). New directions in socioscientific issues research. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1): 1–9.

Downloads

Published

12/31/2023

How to Cite

Pelegia Dianti, Ari Sunandar, & Anandita Eka Setiadi. (2023). Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 1–14. https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2706

Issue

Section

Articles