SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI TERHADAP GURU DAN PESERTA DIDIK PADA SD YPPK KRISTUS RAJA II KOTA SORONG

Authors

  • Junita Ramschie Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hermanto Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sattu Sattu Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pelayanan Admintrasi, Motivasi

Abstract

Pendidikan di sekolah tidak  dapat dilakasanakan oleh sebagian pihak saja. Begitupun impelmentasinya tidak melalui pengajaran. Seluruh warga sekolah memiliki tanggung jawab bersama dalam memotivasi Guru dan Perserta didik. Selain oleh Guru, pendidikan juga dilaksanakan oleh tenaga Administrasi sekolah. Tulisan ini bermaksud untuk mengungkapkan gagasan ataupun pikiran penulis mengenai Sistem Pelayanan Adminitrasi serta meningkatkan motivasi Guru dan preserta didik. Metode penulisan yang di gunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Tenaga adminitrasi sekolah terdiri dari tata usaha, bendahara, pelaksana urusan, dan pertugas pelayanan khusus. Tenaga admintrasi sekolah sebagai warga sekolah berkewajiban membentuk pelayanan yang konduksi bagi implementasi pendidikan sekolah. Mereka memberikan pelayanan terhadap parah pihak yang terlihat dalam proses pendidikan di sekolah, seperti kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah, dan orang tua murid. Pelayanan yang di lakukan dengan iklas, ramah, cermat, santun, serta tertip kiranya menjadi contoh telada bagi pelayanan administrasi, guru, perserta didik dan pihak lainya yang membutuhkan pelayanan.

References

Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Sistem Informasi, RinekeCipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta. …………………....1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek. Rineka Cipta, Jakarta. A. L. Hartani. 2011. Manajemen Pedidikan. Laksbang, Yogjakarta. Jogiyanto.2003. Sistem Teknologi informasi, Andi, Yogyakarta. Mcleod, Reymond. 2001. Sitem Informasi Manajemen, PT. Prenhallindo, Jakarta. Mills, Goffrey. 1991. Manajemen Perkantoran Modern. Binapura Aksara, Jakarta. Moenir, H. A. S. 2000. Manajemen Pelayanan Umum. BumiAksara, Jakarta. Nawawi, Hadari. 1989. Administrasi Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Ngalim, Purwanto, 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Pratis. Remaja Roskarya, Bandung. Sugandha, Dann. 1991. Administrasi Strategi, Taktik dan Teknik Penciptaan Efisiensi. Intermedia, Jakarta. Sutopo dan Suryanto. 2003. Pelayanan Prima, LAN-RI, Jakarta. Syaiful, Sagala. 2009. Kemampuan Protesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Alfabeta, Medan. Tanpa nama, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional https://edukasimedia.wordpress.com/2011/07/15/definisi-sekolah/

Downloads

Published

2017-10-15

How to Cite

Ramschie, J., Suaib, H., & Sattu, S. (2017). SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI TERHADAP GURU DAN PESERTA DIDIK PADA SD YPPK KRISTUS RAJA II KOTA SORONG. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 6(1), 1–12. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/588

Most read articles by the same author(s)