PERAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR BAGI MASYARAKAT PADA PT. ASTRA MOTOR SORONG

Authors

  • Sitti Nurbaya Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hermanto Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wisang Candra Bintari Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Strategi Marketing, Kepemilikan Kendaraan Bermotor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Pada PT. Astra Motor Sorong. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor PT. Astra Motor Sorong dengan mengambil semua staf karyawan sebanyak 20 orang dan kepala Cabang PT. Astra Motor Sorong sebagai sampel pengamatan yang diwawancarai secara mendalam meneganai Peran Marketing. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara terstruktur dengan responden, juga diadakan wawancara bebas dengan para nasabah  PT. Astra Motor Sorong tertentu serta menelaah naskah-naskah asli (dokumen). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Astra Motor Sorong yaitu strategi marketing MIX. Peran strategi Marketing bagi PT. Astra Motor Sorong merupakan pendorong utama bagi keseluruhan kegiatan pemasaran untuk mencapai sasaran dan target. (2) Faktor-faktor strategi Marketting yaitu aspek produk (product), harga (price), promosi (Promotion), tempat/distribusi (place). (3) Hambatan dalam pemasaran berasal dari eksternal maupun internal PT. Astra Motor Sorong. Aspek internal yaitu sifat SUmber Daya Manusia dari Karyawan yang kurang disiplin, sementara itu dari aspek eksternalberasal dari pelanggan yaitu adanya pelanggan yang kurang memahami tentang proses pembelian secara kredit padahal pihak PT. Astra Motor Sorong telah menginformasikannya secara tertulis mengenai syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam pembelian motor secara kredi.

References

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Andi: Yogyakarta. Basu Swastha. 2003, Azas-azas marketing. Yogyakarta:Liberty Budiyana Hardi, 2010. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Pustaka Pelajar Fandy Tjiptono, 2006. Total Quality Management. Yogyakarta:ANDI. Gary Armstrong. 2010. Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta : ANDI Hartono, Jogiyanto. 1999. Sistem Informasi, Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset. Heroes, Green. 2010. “Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputerâ€. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2005. Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2003. Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta. Inu Kencana Syafiie, dkk, 1999. Manajemen Pemasaran, Cetakan Keempat, PT. Bumi Aksara, Jakarta. Isnaini, arif. 2005. Model dan Strategi Pemasaran, NTP. Press, Mataram, Lamb, C.W., Hair, J.F., & McDaniel, C., 2001. Pemasaran, buku 1. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Malik, Dr. Jaja Jamaludin, Rahmadi Wijaya dan Ridho Taufik S. 2010. Implementasi Barcode dalam Dunia Bisnis. Andi Offset: Yogyakarta. Muh. Nasir, 1987. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat Moekijat (1989:4). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Modal Konseptual, Penerapan Citizen's Charter dan Standar Pelayanan Minimal.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Moenir H.A.S, 1992. Sistem Inforasi Manajemen, Yogyakarta : GRAHA ILMU Mursid, M. 2008. Manajemen Pemasaran. PT.Bumi Aksara:Jakarta. Nawawi, 1992. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama, Amara Books, Yogjakarta. Pamudji (1998:12). Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta : ANDI Rangkuti, F., 2005. Analisis Swot Teknis Membedah Permasalahan Bisnis, “reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21.†Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Simamora, 2001. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun (1989:149), Singarimbun. 1989. Metode Penelitian Survai (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Stephen P. Robins (dalam Suganda, 1992:9), Konsumen dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk. Penerbit Karunika Jakarta. Swastha, B., & Irawan., 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta. Suganda, 1992. Manajemen Jasa. Yogyakarta : ANDI. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Tjandra, Willy.2006. Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). Jakarta: PT. Indeks. Tatang M. Amirin, 1996. Praksis Good Governance. Yogyakarta: Pondok Edukasi William J, 1996. Pemasaran Strategis, Edisi 4. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta. www.Honda-Tiger.or.id www.astra-honda.com

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Nurbaya, S., Suaib, H., & Bintari, W. C. (2017). PERAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR BAGI MASYARAKAT PADA PT. ASTRA MOTOR SORONG. Jurnal GRADUAL : Governance Administration and Public Service, 6(1), 40–53. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/591

Most read articles by the same author(s)