PERAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR BAGI MASYARAKAT PADA PT. ASTRA MOTOR SORONG
Keywords:
Strategi Marketing, Kepemilikan Kendaraan BermotorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Pada PT. Astra Motor Sorong. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor PT. Astra Motor Sorong dengan mengambil semua staf karyawan sebanyak 20 orang dan kepala Cabang PT. Astra Motor Sorong sebagai sampel pengamatan yang diwawancarai secara mendalam meneganai Peran Marketing. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara terstruktur dengan responden, juga diadakan wawancara bebas dengan para nasabah  PT. Astra Motor Sorong tertentu serta menelaah naskah-naskah asli (dokumen). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Astra Motor Sorong yaitu strategi marketing MIX. Peran strategi Marketing bagi PT. Astra Motor Sorong merupakan pendorong utama bagi keseluruhan kegiatan pemasaran untuk mencapai sasaran dan target. (2) Faktor-faktor strategi Marketting yaitu aspek produk (product), harga (price), promosi (Promotion), tempat/distribusi (place). (3) Hambatan dalam pemasaran berasal dari eksternal maupun internal PT. Astra Motor Sorong. Aspek internal yaitu sifat SUmber Daya Manusia dari Karyawan yang kurang disiplin, sementara itu dari aspek eksternalberasal dari pelanggan yaitu adanya pelanggan yang kurang memahami tentang proses pembelian secara kredit padahal pihak PT. Astra Motor Sorong telah menginformasikannya secara tertulis mengenai syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam pembelian motor secara kredi.References
Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Andi: Yogyakarta. Basu Swastha. 2003, Azas-azas marketing. Yogyakarta:Liberty Budiyana Hardi, 2010. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Pustaka Pelajar Fandy Tjiptono, 2006. Total Quality Management. Yogyakarta:ANDI. Gary Armstrong. 2010. Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta : ANDI Hartono, Jogiyanto. 1999. Sistem Informasi, Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset. Heroes, Green. 2010. “Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputerâ€. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2005. Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2003. Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta. Inu Kencana Syafiie, dkk, 1999. Manajemen Pemasaran, Cetakan Keempat, PT. Bumi Aksara, Jakarta. Isnaini, arif. 2005. Model dan Strategi Pemasaran, NTP. Press, Mataram, Lamb, C.W., Hair, J.F., & McDaniel, C., 2001. Pemasaran, buku 1. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Malik, Dr. Jaja Jamaludin, Rahmadi Wijaya dan Ridho Taufik S. 2010. Implementasi Barcode dalam Dunia Bisnis. Andi Offset: Yogyakarta. Muh. Nasir, 1987. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat Moekijat (1989:4). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Modal Konseptual, Penerapan Citizen's Charter dan Standar Pelayanan Minimal.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Moenir H.A.S, 1992. Sistem Inforasi Manajemen, Yogyakarta : GRAHA ILMU Mursid, M. 2008. Manajemen Pemasaran. PT.Bumi Aksara:Jakarta. Nawawi, 1992. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama, Amara Books, Yogjakarta. Pamudji (1998:12). Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta : ANDI Rangkuti, F., 2005. Analisis Swot Teknis Membedah Permasalahan Bisnis, “reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21.†Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Simamora, 2001. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Singarimbun (1989:149), Singarimbun. 1989. Metode Penelitian Survai (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Stephen P. Robins (dalam Suganda, 1992:9), Konsumen dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk. Penerbit Karunika Jakarta. Swastha, B., & Irawan., 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta. Suganda, 1992. Manajemen Jasa. Yogyakarta : ANDI. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Tjandra, Willy.2006. Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). Jakarta: PT. Indeks. Tatang M. Amirin, 1996. Praksis Good Governance. Yogyakarta: Pondok Edukasi William J, 1996. Pemasaran Strategis, Edisi 4. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta. www.Honda-Tiger.or.id www.astra-honda.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).