Analisis Pengambilan Keputusan Partisipatif dalam Implementasi Program Inovasi Pembelajaran Digital di SD Islam Terpadu Taqiyya Rosyida
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4535Keywords:
Pengambilan Keputusan, Implementasi Program, Inovasi Pembelajaran digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran digital di SDIT Taqiyya Rosyida. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Temuan menunjukkan bahwa pengambilan keputusan bersifat partisipatif, kolaboratif, dan adaptif, melibatkan guru, kepala sekolah, yayasan, dan orang tua. Inovasi diterapkan secara bertahap, disertai dengan evaluasi rutin yang menjadi dasar bagi pengambilan keputusan selanjutnya. Keberhasilan inovasi ini didukung oleh kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman selama pandemi, fleksibilitas kurikulum, dan infrastruktur yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pengambilan
keputusan di SDIT Taqiyya Rosyida mencerminkan prinsip tata kelola yang baik dan dapat menjadi model berharga dalam pengembangan kebijakan inovasi di pendidikan dasar Islam terpadu.
References
Ahmad, M., & Nurjaman, U. (2022). Pengambilan keputusan dalam pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(1), 8897. https://doi.org/10.35931/aq.v16i1.813
Helmawati, H., Muchtar, H. S., Gunawan, G., Nalapraya, G., & Dharmawati, H. (2024). Pengambilan keputusan dalam implementasi manajemen pusat keunggulan untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK BPI Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1266–1276.
Lindarahayu. (2021, Desember). Pengambilan keputusan dalam lembaga pendidikan. The 3rd Annual Conference on Islamic Education Management: Transformasi Kepemimpinan Pendidikan dalam Meneguhkan Islam Moderat, 162–164.
Marjuni, M., & Ulwani, A. R. F. (2022). Model pengambilan keputusan perumusan kurikulum integratif madrasah di lingkungan pesantren dalam merespon KMA 183 dan KMA 184 tahun 2019. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2087–2099. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2052
Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa di era digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558. https://irje.org/index.php/irje/article/view/1271
Masinambow, C. J. R., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2025). Inovasi digital dalam manajemen sekolah: Meningkatkan kinerja pendidikan di era teknologi. Academy of Education Journal, 16(1), 8–17.
Mighfar, S. (2022). Manajemen media sosial SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 6(2), 167–175.http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri
Sinaga, D. M. (2023). Pengambilan keputusan dalam organisasi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 2899–2907.
Supriadi, A., & Wanto, D. (2023). Pelaksanaan pengambilan keputusan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Tunas https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd Pendidikan, 5(2), 367–369.
Trismiani. (2024). Implementasi teknologi digital dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 313–318. https://siducat.org/index.php/jpt
Tusadia, A., Sari, D. W., Amin, A., & Mukhlisuddin. (2022). Model keputusan inovasi dalam
pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 970–977.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.