Dampak Penggunaan Teknologi Berbasis Digital terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Kurikulum Merdeka di SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu

Authors

  • Resti Komalasari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Leli Sartika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Helda Sendika Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Erda Venolah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Zulfa Dwi Lestari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4200

Abstract

Kurikulum Merdeka. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak teknologi digital terhadap hasil belajar siswa
di SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
teknologi digital berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, terutama dalam aspek pemahaman
materi, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis. Namun, ditemukan
pula beberapa kendala seperti keterbatasan akses terhadap perangkat digital dan kurangnya literasi digital di
kalangan siswa dan guru. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas teknologi serta
pelatihan bagi guru dan siswa untuk memaksimalkan manfaat teknologi digital dalam pembelajaran.

References

Amin, A. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital: Implikasi Teori Kognitif Sosial dalam

Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Arifin, M. (2020). Multimedia dalam Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood

Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Fadilah, R. (2019). Teknologi dalam Pendidikan: Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Hidayat, A., & Prasetyo, D. (2023). Kurikulum Merdeka dan Transformasi Digital dalam Pendidikan.

Surabaya: Penerbit Andalas.

Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2023). Pelatihan Digital bagi Pendidik: Meningkatkan Kompetensi Guru di Era

Teknologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lestari, P. (2019). Tantangan Guru dalam Era Digital: Analisis dan Solusi. Malang: UMM Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.

Nugroho, H., & Santoso, R. (2022). Strategi Diferensiasi dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Jakarta:

Rajawali Pers.

Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. London: Routledge & Kegan Paul.

Putri, A. (2021). Media Digital dalam Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Rahmawati, D. (2022). Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi Digital: Perspektif Konstruktivisme.

Semarang: Universitas Diponegoro Press.

Ramadhani, F. (2021). Dampak Teknologi Digital terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah

Menengah Pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, N. (2022). Project-Based Learning dalam Era Digital: Meningkatkan Kreativitas dan

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Surabaya: Penerbit Ilmu Edukasi.

Setiawan, R. (2018). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Kendala dan Solusi bagi Pendidik. Jakarta:

Pustaka Pendidikan.

Suhendra, B. (2020). Teknologi dalam Pembelajaran: Pendekatan dan Model Implementasi. Jakarta:

Bumi Aksara.

Susanto, E. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah

Menengah. Bandung: Penerbit Nusantara.

Wahyuni, S. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi Digital terhadap Keterlibatan dan Prestasi

Akademik Siswa. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Wijaya, H. (2020). Akses Teknologi dan Hambatan Implementasi Pembelajaran Digital di Daerah

Terpencil. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

07/09/2025

How to Cite

Resti Komalasari, Leli Sartika, Helda Sendika Putri, Erda Venolah, & Zulfa Dwi Lestari. (2025). Dampak Penggunaan Teknologi Berbasis Digital terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Kurikulum Merdeka di SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu . Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(1), 8–13. https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4200

Issue

Section

Articles