Dampak Penggunaan Teknologi Berbasis Digital terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Kurikulum Merdeka di SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4200Abstract
Kurikulum Merdeka. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak teknologi digital terhadap hasil belajar siswa
di SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
teknologi digital berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, terutama dalam aspek pemahaman
materi, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis. Namun, ditemukan
pula beberapa kendala seperti keterbatasan akses terhadap perangkat digital dan kurangnya literasi digital di
kalangan siswa dan guru. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas teknologi serta
pelatihan bagi guru dan siswa untuk memaksimalkan manfaat teknologi digital dalam pembelajaran.
References
Amin, A. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital: Implikasi Teori Kognitif Sosial dalam
Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Arifin, M. (2020). Multimedia dalam Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood
Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Fadilah, R. (2019). Teknologi dalam Pendidikan: Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Hidayat, A., & Prasetyo, D. (2023). Kurikulum Merdeka dan Transformasi Digital dalam Pendidikan.
Surabaya: Penerbit Andalas.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2023). Pelatihan Digital bagi Pendidik: Meningkatkan Kompetensi Guru di Era
Teknologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lestari, P. (2019). Tantangan Guru dalam Era Digital: Analisis dan Solusi. Malang: UMM Press.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
Nugroho, H., & Santoso, R. (2022). Strategi Diferensiasi dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Jakarta:
Rajawali Pers.
Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. London: Routledge & Kegan Paul.
Putri, A. (2021). Media Digital dalam Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Rahmawati, D. (2022). Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi Digital: Perspektif Konstruktivisme.
Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Ramadhani, F. (2021). Dampak Teknologi Digital terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah
Menengah Pertama. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, N. (2022). Project-Based Learning dalam Era Digital: Meningkatkan Kreativitas dan
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Surabaya: Penerbit Ilmu Edukasi.
Setiawan, R. (2018). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Kendala dan Solusi bagi Pendidik. Jakarta:
Pustaka Pendidikan.
Suhendra, B. (2020). Teknologi dalam Pembelajaran: Pendekatan dan Model Implementasi. Jakarta:
Bumi Aksara.
Susanto, E. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah
Menengah. Bandung: Penerbit Nusantara.
Wahyuni, S. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi Digital terhadap Keterlibatan dan Prestasi
Akademik Siswa. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Wijaya, H. (2020). Akses Teknologi dan Hambatan Implementasi Pembelajaran Digital di Daerah
Terpencil. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.