Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.977Keywords:
Transparansi, Akuntabilitas, Pelayanan publikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan akuntabilitas pelayanan publik, Faktor pendukung dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dan Faktor penghambat dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan teknis analisis dekskriptif melalui langkah-langkah atau komponen-komponen analisis data model interaktif. Teknik pengumpulan data digunakan penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling, dimana terhadap pihak-pihak yang dipandang dekat dan mengetahui secara langsung data dan informasi mengenai masalah Transparansi dan Akuntabilitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, yang berjumlah 12 orang. Teknis analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pelaksanaan akuntabilitas pelayanan publik, Faktor pendukung dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dan Faktor penghambat dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dalam kondisi cukup baik.
References
Donald. 1984 : 22 (Dalam Hariyansyah. 2011:10) Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasi. Yogyakarta : Gava Media
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta : Mandar Maju
J. B. Ghartey. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba
Kristanten. 2006. Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta : Rineka Cipta
Ledvina V Carino. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu
Lalolo Krina Loina P. 2003. Indikator dan Alat Ukur Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi, Jakarta : Sekretariat Public Governance Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
Lovelock, Cristopher H. 1991. Services Marketing. USA : Prentice Hall, Inc
Mardiasmo 2006. Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik : Suatu Sarana Good Governance (Jurnal Akuntansi) Pemerintah Vol. 2, No. 1-7 Mei 2006
Mustopa Didjaya A. R, 2003. Administrasi Negara dan Masyarakat Madani. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Miftah Thoha 1991. Perspektif Perilaku Birokrasi, Jakarta : Rajawali.
Poerwadarminta, W. J. S. 1995. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia
Ratminto dan Atik Septi Winarsih 2007 Manajemen Pelayanan. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Syahruddin Rasul 2002:11 Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran. Jakarta : Detail Rekord
Siagian Sondang P. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Jakarta : Rineka Cipta
Salim, Peter. 1987. The Contemporary English Indonesian Dictionary. Modern English Press. Jakarta.
Supriatna, Tjahya. 2001, Akuntabilitas Publik. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Solihin, Ddang. 2007. Indikator Governance dan Penerapannya dalam Mewujudkan Demokratisasi di Indonesia. Bandung : BAPPENAS
Shafritz, Jay M. dan E. W. Russel. 1997. Introducing Public Administration. New York, Longman.