Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Authors

  • Ayu Sari Layn Universitas Pattimura Ambon
  • Muh. Ruslan Layn Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.977

Keywords:

Transparansi, Akuntabilitas, Pelayanan publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan akuntabilitas pelayanan publik, Faktor pendukung dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dan Faktor penghambat dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan teknis analisis dekskriptif melalui langkah-langkah atau komponen-komponen analisis data model interaktif. Teknik pengumpulan data digunakan penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling, dimana terhadap pihak-pihak yang dipandang dekat dan mengetahui secara langsung data dan informasi mengenai masalah Transparansi dan Akuntabilitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, yang berjumlah 12 orang. Teknis analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pelaksanaan akuntabilitas pelayanan publik, Faktor  pendukung dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dan Faktor penghambat dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dalam kondisi cukup baik.

References

Donald. 1984 : 22 (Dalam Hariyansyah. 2011:10) Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasi. Yogyakarta : Gava Media

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta : Mandar Maju

J. B. Ghartey. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba

Kristanten. 2006. Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta : Rineka Cipta

Ledvina V Carino. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu

Lalolo Krina Loina P. 2003. Indikator dan Alat Ukur Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi, Jakarta : Sekretariat Public Governance Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Lovelock, Cristopher H. 1991. Services Marketing. USA : Prentice Hall, Inc

Mardiasmo 2006. Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik : Suatu Sarana Good Governance (Jurnal Akuntansi) Pemerintah Vol. 2, No. 1-7 Mei 2006

Mustopa Didjaya A. R, 2003. Administrasi Negara dan Masyarakat Madani. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Miftah Thoha 1991. Perspektif Perilaku Birokrasi, Jakarta : Rajawali.

Poerwadarminta, W. J. S. 1995. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia

Ratminto dan Atik Septi Winarsih 2007 Manajemen Pelayanan. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Syahruddin Rasul 2002:11 Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran. Jakarta : Detail Rekord

Siagian Sondang P. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Jakarta : Rineka Cipta

Salim, Peter. 1987. The Contemporary English Indonesian Dictionary. Modern English Press. Jakarta.

Supriatna, Tjahya. 2001, Akuntabilitas Publik. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Solihin, Ddang. 2007. Indikator Governance dan Penerapannya dalam Mewujudkan Demokratisasi di Indonesia. Bandung : BAPPENAS

Shafritz, Jay M. dan E. W. Russel. 1997. Introducing Public Administration. New York, Longman.

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Layn, A. S., & Layn, M. R. (2020). Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 73–89. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.977

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.