KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSUD KABUPATEN SORONG

Authors

  • Muhammad Ridha Suaib

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v4i1.358

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Pasien Rawat Inap.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien rawat inap di RSUD Kabupaten Sorong. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti; observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Sorong dalam menangani keluhan pasien rawat inap telah berjalan dengan cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan. Hal ini ditinjau dari berbagai keluhan yang masih disampaikan oleh pihak informan, terkait jumla tenaga medis, kualitas kenyamanan, maupun kebersihan rumah sakit.Faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Sorong dalam menangani keluhan pasien diambil peneliti dari 2 sumber karakteristik informan. Hambatan yang dirasakan oleh pihak pegawai ditandai dengan kurangnya kesadaran masyarakat dalan memahami pentingnya lingkungan bersih dan nyaman.

References

Azwar,2001. Pengantar Administrasi Kesehatan, Bina Rupa Aksara Publiser : Tangerang.

Ainur Rohman, Ahmad & dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang : Averroes Press.

Dwiyanto, Agus. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta:Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan ( Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal ). Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Rahmayanty, Nina.2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Sinambela, Lijan Poltak & dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta:Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2018-12-15

How to Cite

Suaib, M. R. (2018). KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSUD KABUPATEN SORONG. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.33506/jn.v4i1.358