Gambaran Kepuasan Kerja pada Guru Honorer di SDN Purworejo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah

Authors

  • Ardea Sri Pramesti Universitas Sahid Surakarta
  • Faqih Purnomosidi Universitas Sahid Surakarta
  • Sri Ernawati Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v10i2.3843

Keywords:

guru honorer, kepuasan kerja, SDN Purworejo

Abstract

Profesi guru di Indonesia dibedakan menjadi dua status kepegawaian, yaitu guru honorer dan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Keduanya memiliki beban kerja yang sama namun dengan gaji yang berbeda. Penghasilan guru honorer jauh lebih rendah dibandingkan dengan upah minimum kabupaten/kota dan tidak disertai tunjangan, berbeda dengan yang diterima oleh guru dengan status PNS. Pada akhirnya memunculkan permasalahan baru yaitu masih rendahnya kesejahteraan pada guru honorer. Salah satu aspek kesejahteraan yang perlu diperhatikan adalah kepuasan kerja pada guru honorer. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja pada guru honorer di SDN Purworejo, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam pengambilan datanya. Informan utama dalam penelitian ini yaitu 4 guru dengan status honorer dan 2 informan pendukung yaitu kepala sekolah dan satu guru PNS di SDN Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja pada guru honorer di SDN Purworejo cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kenyamanan saat bekerja, minat, budaya kerja kekeluargaan, dan rekan kerja yang mendukung, sehingga dalam memaknai penghasilan yang diterima yaitu dengan cara bersyukur agar selalu merasa cukup.

References

Abdullah, M. 2018. Pengaruh Fasilitas Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Efektivitas Proses Mengajar di Madrasah Aliyah DDI Bontang. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 6 (2), 165-175.

Ahmad, A. J., Mappamiring., & Mustari, N. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba. Journal Unismuh. 3 (1), 288-298.

Amelia, N., & Puspasari, E. Y. 2023. Realitas dan Kontradiksi Regulasi Guru Honorer Tahun 2023 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 16 (1), 12-21.

Balkis, A. S., & Masykur, A. M. 2016. Memahami Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri (Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal Empati. 5 (2), 223-228.

Erianti, L. 2022. Gambaran Kepuasan Kerja pada Tenaga Pendidik Honorer di SD 004 Rambah Samo. SKRIPSI. Pekanbaru: Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Estari, A. W. 2020. Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. SHEs: Conference Series. 3 (3), 1439-1444.

Fauzan, G. A. 2021. Guru Honorer dalam Lingkaran Ketidakadilan. Journal on Education. 4 (1), 197-208.

Gibson. 2003. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Erlangga.

Harras, H. 2024. Dampak Dukungan Pimpinan, Dukungan Rekan Kerja, dan Dukungan Keluarga terhadap Motivasi Kerja Pegawai Bank Panin. AKADEMIK Jurnal Mahasiswa Humanis. 4 (2). 638-649.

Hernanda, I., Sofiah, D., & Muslikah, E, D. 2022. Kesejahteraan Psikologis pada Tenaga Pengajar: Menguji Peranan Rasa Syukur dan Keseimbangan Kehidupan – Kerja. INNER: Journal of Psychological Research. 2 (3), 221-231.

Imananda, A. N., & Hendriani, W. 2020. Gambaran Kepuasan Kerja pada Guru Honorer di Indonesia: Literature Review. Psychology Journal of Mental Health. 2 (2), 1-12.

Irachmat, M. R. 2015. Peningkatan Perhatian Siswa pada Proses Pembelajaran Kelas III melalui Permainan Ice Breaking di SDN Gembongan. SKRIPSI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jewell, L.N., & Siegall, M. 1998. Psikologi Industri Organisasi Modern Edisi 2 (terjemahan Pudjaatmaka & Meitasari). Jakarta: Arcan.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Pitasari, N. A., & Perdhana, M. S. 2018. Kepuasan Kerja Karyawan : Studi Literatur. Diponegoro Journal Of Management. 7 (4), 1-11.

Prestawan, A. 2010. Hubungan antara Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Surakarta. SKRIPSI. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rony, R. 2021. Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education. 2 (1), 98-121.

Sabon, S. S. 2022. Permasalahan Pengelolaan Guru Honorer pada Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan. 15 (2), 119-134.

Saputri, D. I. 2022. Pentingnya Peran Guru Profesional dalam Meningkatkan Pendidikan. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM. 1-12.

Sumber dari internet: (https://www.liputan6.com/news/read/3869043/, 12 Januari 2019, diakses tgl 25 Oktober 2024)

Telvisia, I. S., & Suyasa, T. Y. 2008. Kesesuaian Minat terhadap Pekerjaan : Pegawai Produktif Studi Agen Asuransi Jiwa di Jakarta. Phronesis Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi. 10 (1), 79-95.

Yasin, M., Rosaliana., & Habibah, S. R. 2023. Peran Guru di Sekolah dan Masyarakat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (3). 382-389.

Published

2024-12-31

How to Cite

Pramesti, A. S., Purnomosidi, F., & Ernawati, S. (2024). Gambaran Kepuasan Kerja pada Guru Honorer di SDN Purworejo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah . Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 573–583. https://doi.org/10.33506/jn.v10i2.3843

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.