EFEKTIFITAS PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SORONG

Authors

  • Isgar Muhammad Ricky Tumoka

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v4i1.317

Keywords:

Efektifitas, Pengawasan, Disiplin Kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pengawasan terhadap disiplin kerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kota Sorong. Salah satu cara untuk mengembangkan ASN dalam sekretariat daerah yaitu dengan jalan meningkatkan pengawasan  di dalam sekretariat daerah dan disiplin kerja di sekretariat daerah tersebut, pengawasan merupakan tenaga penggerak bagi para ASN, dengan adanya pengawasan yang baik, suatu kegiatan sekretariat daerah dapat berjalan lancer, disiplin kerja yang baik dapat menjadi kunci pendorong bagi seorang Pegawai untuk menghasilkan produktivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengawasan pada dasarnya diarahkan sepenuhnya untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. Melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. Indikator disiplin waktu kerja pada peraturan yang ada (harus ditanamkan dengan baik untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam bekerja.

References

Amriyani, F. 2004. Iklim Organisasi yang Kondusif Meningkatkan Disiplin Kerja. Indonesian Psychological Journal Vol 19 No 2.

Aridhiana, 1999. Hubungan Antara Persepsi terhadap Mutu Interaksi Pimpinan Bawahan Dengan Disiplin kerja Pada Karyawan. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Aritonang. 2005. Kompensasi Kerja, Displin Kerja Guru dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur - No.04/ Th/V / Juli 2005.

As’ad Mohammad. 2002. Kinerja Sebagai Media Peningkatan Derajat Dalam Konteks Industrialisasi. Ganesa : Bandung.

Astuti, ED. 1997. Hubungan Antara Ejikasi diri dalam rnenghadapi Strees Kerja dengan Komitmen Organisa., Skripsi Sarjana (tidak diterbitkan). Surakarta; Fakultas Psikologi UMS.

Bawono, Andy. 2009. Peran Budgetary Goal Charasterissifes Sebagai Variabel Intervening Dalam Hubungan Antara Keadilan Prosedural dan Kinerja Manajerial. Universitas Diponegoro Semarang.

Benardin, Thon and Russel Joyce. 1993. Human Resuorcess Management. An Experimental Approach, USA: Mc Graw-Hill,, Inc.

Brigham, J.C. 1994. Social Psychology. Edisi 2. New York : Harper Collins Publisher.

Cahyono, Bambang, Tn. 2000. Modul Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Badan Penerbit IPWL

Dharma,, Agus. 2000. Manajemen perilaku Organisasi edisi keempat. Jakarta: penerbit Erlangga.

Farida. 2002. Hubungan Antara Tingkah Laku Asertif dengan Disiplin Kerja. Skripsi Sarjana (tidak diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi UMS.

Flippo, B. Edwin, 1993. Manajemen Personalia, Edisi keenam, Erlangga, Jakarta.

Gibson, Ivancevic dan O, Donelly. 1996. Organisasi dan Manajemen Perilaku Struktur dan Proses. Jilid Satu Edisi Kedelapan. Penerbit Binarupa Aksara Jakarta.

Hasibuan, Melayu, S.P. 1999. Organisasi dan Morivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Cetakan kedua. Bumi Aksara Jakarta.

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Morivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hurlock, E. B. 1993. Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi 6. Diterjemahkan oleh Med Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Luthans, F. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: penerbit Andi. Manullang. 2002. Manajemen Personalia. Jakarta : Ohalia Indonesia.

Michael, Harris. 2000. Human Resuorcess Management. 2th edition, The Dryden Press, USA.

Nawawi, Hadari. 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gaja Mada Iniversity Press.

Pace Wayne R dan Don F. Faules. 2003. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Organisasi, Terjemahan Deddy Mutyana. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Prabu Mangkunegara, 2007. Anwar Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Yogyakarta Andi Offset.

Saydarn, G. 2000. Manajemen Suber Daya Manusia : Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta Djambatan.

Siagian, Sondang P. 2004. Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Administrasi. Cetakan Kelima, Penerbit: PT. Pertja, Jakarta: CV. Haji Masagung.

Suyuti, Moh. Yakub.1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gaya Media Jakarta.

Tika, Pabudu M. 2006, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja, Jakarta: Rineka Cipta.

Yaumil, A. 1998. Pentingnya Kedisiplinan Karyawan. Jakarta : Yayasan Bina Psikologi.

Downloads

Additional Files

Published

2018-12-15

How to Cite

Muhammad Ricky Tumoka, I. (2018). EFEKTIFITAS PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SORONG. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 34–45. https://doi.org/10.33506/jn.v4i1.317