Penerapan Metode Partisipatorik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang

Authors

  • Abdul Muis SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v5i1.716

Keywords:

Metode Partisipatorik, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode partisipatorik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 146 Asaan Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan refleksi setiap siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode partisipatorik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 146 Asaan Kabupaten Enrekang terbukti signifikan dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan pastisipasi siswa dalam pembelajaran. Dengan penerapan metode partisipatorik, siswa menjadi aktif dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Djumingun, Sulastriningsih. 2007. Strategi Belajar-Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia serta Penerapannya. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, JJ., dkk. 1985. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, S. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Muis, A. (2019). Penerapan Metode Partisipatorik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1). https://doi.org/10.33506/jn.v5i1.716