MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MELALUI TAKSONOMI BLOOM

Authors

  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhamad Ruslan Layn Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fitri Ardyanti Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v3i2.109

Keywords:

Minat belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Taksonomi Bloom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik dapatkah meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing melalui Taksonomi Bloom. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H MTs. Negeri Model Kota Sorong tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 33 peserta didik dengan 11 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, implementasi tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing melalui Taksonomi Bloom. Siklus kedua dilakukan tindakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan strategi yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII H MTs. Negeri Model Kota Sorong meningkat. Peningkatan dilihat dari persentase minat yang dapat dilihat dari respon peserta didik dan aktivitas peserta didik yaitu sebesar 45,00% pada siklus I dan meningkat menjadai 71,77% pada siklus II. Adapun hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 18,18% meningkat menjadi 78,79% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika adalah dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing melalui Taksonomi Bloom pada proses pembelajaran.

References

Kahar, M. S. (2018). Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 53-61.

Kahar, M. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 42-49.

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11-18.

Kahar, M. S. (2017). Analisis Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga Neraca Cavendish. SEJ (Science Education Journal), 1(2), 73-83.

Khoiri, A., Nasihah, U., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Prestasi Belajar Fisika Berpendekatan SETS di Tinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 83-89.

Khabibah, EN. Kuswanti,N. Suparno,G (2014). Validitas Teoritis Modul Berbasis Guided Dicovery Pada Materi Respiratory System. Universitas Negeri Surabaya.http://ejournal.unesa.ac.id?indeks.php/bioedu

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarta, K. 2012. Penerapan Model Pemelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelas XI SMA Saraswati Singaraja pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pdf. (diakses 3 juli 2017).

Sugiyono.(2015). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2018-03-22

How to Cite

Anwar, Z., Layn, M. R., & Ardyanti, F. (2018). MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MELALUI TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 63–76. https://doi.org/10.33506/jn.v3i2.109