PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INTERACTION (ICI) DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Authors

  • Muhammad Syahrul Kahar Universitas Muhammadiyah Sorong http://orcid.org/0000-0003-4899-4836
  • Muhamad Ruslan Layn Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irna Mandasari Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v3i2.108

Keywords:

Interactive Conceptual Interaction, Pemecahan Masalah, Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar setelah diberikan pembelajaran mengunakan model Interactive Conceptual Interaction (ICI) dalam pemecahan masalaah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Negeri Model Kota Sorong pada kelas VII D, yang berjumlah 35 peserta didik, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Tes dan Observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis N-Gain. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan SPSS 23.0. dapat terlihat bahwa nilai signifikan (Sig. 2-tailed) dengan uji-t adalah 0,032 dan thitung = -0,777 . Karena nilai thitung berada didaerah penolakan H0 karena thitung < ttabel (-0,777 < 2,0345) maka H0 nya ditolak.Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, H0 ditolak. Ini menunjukkan bahwa pemberian model pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (ICI) berpengaruh pada hasil belajar pada peserta didik. Sehingga dapat dilihat jelas bahwa model pembelajaran interactive Conceptual Interaction (ICI) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik. Terdapat peningkatan pemecahan msalah peserta didik dapat dilihat dari N – Gain pad akelas yang diajar sebesar 0,55 yang berada pada kreteria sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengunaan model pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (ICI), lebih efektif terhadap pemecahan masalah matematika Peserta didik

References

Fauziah, A. 2010. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMP Melalui Strategi Reactâ€. Lubuklingau: Jurnal Matematika, 30(1): 1-13.

Kahar, M. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 42-49.

Kahar, M. S. (2017). Analisis Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga Neraca Cavendish. SEJ (Science Education Journal), 1(2), 73-83.

Khoiri, A., Nasihah, U., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Prestasi Belajar Fisika Berpendekatan SETS di Tinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 83-89

Lestari, K, E. & Yudhanegara, M, R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika.

Bandung: PT. Refika Aditama.

Sudana, D, N., Kusumayani, K, D., & Dibia, I. 2014. “Pengaruh Model(ICI) Interactive Conceptual Interaction Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta didik Kelas IV SDâ€. Bali: Jurnal IPS, 2(1): 1-10

Downloads

Published

2018-03-22

How to Cite

Kahar, M. S., Layn, M. R., & Mandasari, I. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INTERACTION (ICI) DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 56–62. https://doi.org/10.33506/jn.v3i2.108