Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini ( 2 – 6 Tahun ) Berbasis Android

Authors

  • Teguh Hidayat Iskandar Alam Universitas Muhammadiyah, Sorong
  • Rendra Soekarta Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mulyaddin Mulyaddin Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v5i2.1447

Keywords:

Metode Pembelajaran, Game Edukasi, Smartphone, Android, Android Studio.

Abstract

Media pembelajaran yang biasa digunakan oleh orangtua untuk anaknya adalah media cetak atau kertas yang berupa gambar, grafik, maupun buku. Seringkali banyak anak merasa cepat bosan dan tidak tertarik dengan materi pembelajaran yang diajarkan jika diajarkan dengan metode belajar yang biasa dengan menggunakan media cetak. Sehingga anak terkadang kesulitan mengenal huruf, angka, hewan, buah dan profesi yang ada dibuku. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan metode pembelajaran yang baru berupa game edukasi yang dapat digunakan oleh anak dalam mempelajari dan mengenal huruf, angka, hewan, buah, dan profesi yang ada disekitar dengan berbasis smartphone android menggunakan tools android studio.

References

N. D. Kurniasari, “Pola Pembelajaran dan Pengasuhan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Madura,†J. Komun., vol. 10, no. 1, p. 113, 2016, doi: 10.21107/ilkom.v10i1.1844.

I. N. Sembiring, P. A. Telnoni, and T. D. Tambunan, “Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Dan Pengelompokan Tumbuhan Untuk Mata Pelajaran Ipa Kelas 4 Sd Ar-Rafi the Application of Educational Game for the Introduction and the Grouping of Plants in Natural Science Subject for the 4 Th Graders of Sd Ar-Rafi Using,†vol. 2, no. 3, pp. 1103–1112, 2016.

F. Rahim, Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional di Indonesia Berbasis Android. 2016.

R. Carolina, “Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini Berbasis Android,†Artik. Skripsi Univ. Nusant. PGRI Kediri, no. 27 Juli 2016, p. 9, 2016, [Online]. Available: http://docplayer.info/40410290-Pembangunan-aplikasi-game-edukasi- bermain-dan-belajar-pada-anak-usia-dini-berbasis-android.html.

Soekarta, R., Amri, I., & Hidayatulah, M. L. (2019). Perancangan Aplikasi Penagihan Pelanggan Tv Kabel Berbasis Android. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 11-20.

M. Rais and M. Riska, “Pembelajaran Interaktif Edu-Game Pengenalan Profesi Berbasis

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Iskandar Alam, T. H., Soekarta, R., & Mulyaddin, M. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini ( 2 – 6 Tahun ) Berbasis Android. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 5(2), 35–45. https://doi.org/10.33506/insect.v5i2.1447

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>