Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.33506/insect.v8i2.2246Keywords:
aplikasi berbasis web, bahasa arab, media pembelajaranAbstract
Pembelajaran bahasa arab di Indonesia masih memiliki tantangan dalam metode penyampaiannya. Hal ini dapat dilihat pada media pembelajaran Bahasa Arab sebagian besar masih terpaku pada buku dan metode penyampaian tradisional berupa ceramah satu arah. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi pelajar untuk mempelajari bahasa arab. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa arab untuk pemula berbasis web dengan metode penelitian research and development. Metode penelitian tersebut dilaksanakan melalui studi literatur dan studi lapangan untuk dapat menemukan inti permasalahan sehingga dapat merancang kebutuhan aplikasi sebagai solusi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah dibangunnya sebuah aplikasi pembelajaran bahasa arab untuk pemula berbasis web dengan materi berupa pengenalan huruf, pengenalan angka, kosakata, dan penyusunan kalimat. Materi akan disajikan dalam bentuk teks, audio, dan gambar sehingga dapat meningkatkan ketertarikan pelajar dalam mempelajari dan memahami dasar bahasa arab. Selain itu, aplikasi dikembangkan berbasis web sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi menggunakan berbagai platform. Setelah aplikasi berhasil dikembangkan, kemudian diberikan kepada sejumlah responden untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem. Hasil pengujian menggunakan metode pengujian system usability scale dan menghasilkan predikat “Good” sehingga masih layak untuk digunakan para pelajar.
References
N. H. Nurul Isnaini, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN MY HAPPY ROUTE,” Al Mi'yar, vol. 3, no. 1, pp. 1-14, 2020.
P. Rambe, “PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEB,” Arabi, vol. 4, no. 1, pp. 58-64, 2019.
N. I. Muhammad Syaifullah, “KAJIAN TEORITIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB,” Arabiyatuna, vol. 3, no. 1, pp. 127-144, 2019.
D. H. Aulia Karima Zuhda Utami, “PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 KEBUMEN,” Edulab, vol. 5, no. 1, pp. 20-31, 2020.
D. M. S. N. U. Ady Fauzan, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: DURUS AL-LUGHAH JILID 1,” ELSE (Elementary School Education Journal), vol. 4, no. 1, pp. 63-78, 2020.
R. F. H. L. Lasti Yossi Hastini, “APAKAH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DAPAT MENINGKATKAN LITERASI MANUSIA PADA GENERASI Z DI INDONESIA?,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), pp. 12 - 28, 2020.
D. M. S. N. U. Ady Fauzan, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: DURUS AL-LUGHAH JILID 1,” ELSE (Elementary School Education Journal), vol. 4, no. 1, pp. 63-78, 2020.
A. P. H. Nova Ardhiansyah Rahmatullah, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID,” dalam Seminar Nasional Riset dan Teknologi ( SEMNAS RISTEK ), Jakarta, 2021.
E. Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability,” 7 Maret 2019. [Online]. Available: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/. [Diakses 26 Januari 2023].
A. N. F. R. Y. R. Aulia Mustika Ilmiani, “MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB,” Al-Ta'rib, vol. 8, no. 1, pp. 17-32, 2020.
I. C. K. S. A. K. Mazidatul Faizah, “PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI TPQ NU AR-ROHMAN,” Jumat, pp. 10-13, 2021.
S. Abd Aziz, “INTERPRETASI HUMANISTIK KEBAHASAAN: UPAYA KONTEKSTUALISASI KAIDAH BAHASA ARAB,” Arabiyatuna, vol. 3, no. 2, pp. 299-314, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dina Febriana, Lizda Iswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.