Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Proses Pangan Di Kabupaten Sorong Berbasis Android

Authors

  • Rendra Soekarta Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irman Amri Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aditya Tri Yudha Pratama Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v8i1.2035

Keywords:

Android, Website, XP, Java, Mysql, Php

Abstract

Kabupaten Sorong merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat yang bergerak dibidang sektor pertanian. Namun Alih fungsi lahan pertanian di kabupaten sorong menjadi masalah dalam menekan dan mengontrol laju alih fungsi lahan pertanian khususnya kebutuhan pangan lokal. Hal ini terjadi kerena perubahan fungsi lahan pertanian produktif menjadi kawasan industri, perumahan dan fungsi lainnya yang terjadi bahkan mengancam ketahanan pangan lokal di kabupaten sorong. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun aplikasi pemetaan lahan pangan berbasis android dan web, yang diharapkan dapat memudahkan dinas pertanian dalam proses mengambil gambar lahan pengan, menambahkan lokasi dan mengisi data terkait lahan pangan. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi pemetaan lahan pangan ini menggunakan Metode Extreme Programming (XP). Aplikasi pemetaan lahan pangan ini dibangun menggunakan bahasa pemograman java untuk pembangunan model dan implementasi berbasis mobile android menggunakan android studio untuk pembuatan aplikasi dan menggunkan bahasa pemograman php untuk pembuatan berasis web, serta menggunakan database mysql sebagai tempat penyimpanan data. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu sebuah aplikasi pemetaan lahan pangan berbasis android dan web yang dapat memberikan dampak baik dan memudahkan dinas pertanian untuk melakukan pendataan terkait lahan pangan di kabupaten sorong.

References

Agustina, L. (2016). Aplikasi Pendataan Subsidi Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Horikultura Sumatera Selatan. STMIK Palcomtech.

Al Fikri, I. (2016). Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus Lingkungan ITS. Jurnal Teknik ITS, 5(1).

Alita, D., Tubagus, I., Rahmanto, Y., Styawati, S., & Nurkholis, A. (2020). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Wilayah Kelayakan Tanam Tanaman Jagung Dan Singkong Pada Kabupaten Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2).

Bukhori, M. (2014). Sektor pertanian terhadap pembangunan di Indonesia. Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Fauziah, Y. (2014). Aplikasi Iklan Baris Online menggunakan Arsitektur REST Web Service. Telematika: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 9(2).

Hendri, H., Manurung, J. W. H., Ferian, R. A., Hanaatmoko, W. F., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(2).

Saputri, V., & Mulyono, H. (2019). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Data Hasil Panen Berbasis Web Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 114–125.

Soekarta, R., Amri, I., & Hidayatulah, M. L. (2019). Perancangan Aplikasi Penagihan Pelanggan Tv Kabel Berbasis Android. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 11-20.

Published

2022-10-31

How to Cite

Soekarta, R., Amri, I., & Pratama, A. T. Y. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Proses Pangan Di Kabupaten Sorong Berbasis Android. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.33506/insect.v8i1.2035

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>