Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : PT. Limo Jurai)

Authors

  • Teguh Hidayat Iskandar Alam Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Herfadli Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v7i1.1813

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Calon Karyawan, Weighted Product (WP)

Abstract

Karyawan merupakan salah satu sumber daya yang paling penting bagi setiap perusahaan. Dalam menjalankan usahanya, keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh kualitas karyawan. Untuk memperoleh karyawan yang berkualitas dan memenuhi kualifikasi yang di butuhkan, perusahaan mengadakan proses seleksi dalam perekrutan calon karyawan baru. Proses seleksi calon karyawan pada PT limo Jurai selama ini dilakukan berdasarkan pada penilaian yang dilakukan oleh manager, dalam hal ini masih dilakukan secara pemberkasan dan penyortiran. Masalah terjadi ketika manager melakukan penyeleksian karyawan, yaitu menyeleksi satu persatu berkas calon karyawan dengan teliti sehingga memerlukan waktu lama untuk mendapatkan calon karyawan yang berkompeten. Hal ini juga akan menyebabkan kejenuhan karena berkas yang dianalisis cukup banyak. Secara tidak langsung hal ini menyebabkan keputusan yang akan dibuat tidak maksimal dan proses penyeleksian yang lama pun dapat terjadi. Selain itu memungkinkan terjadinya kesalahan dalam model seleksi ini sehingga hasilnya menjadi tidak sesuai dengan kriteria calon karyawan yang diinginkan perusahaan. Maka dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan dengan metode Weighted Product (WP) sebagai solusi alternatif pilihan, sehingga proses penerimaan karyawan dapat berjalan efektif. Dari data pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem mampu menyediakan alternatif pilihan dengan nilai terbaik dan efektif sehingga nantinya orang tersebut dapat bekerja secara optimal.

References

Siregar, M. I. A., Mallisza, D., Yahyan, W., & Hadi, H. S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai pada Universitas Ekasakti Menggunakan Metode AHP. Indonesian Journal of Computer Science, 8(1), 45–54. https://doi.org/10.33022/ijcs.v8i1.157.

Sriani, & Putri, R. A. (2018). Analisa Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada Sma Al Washliyah Tanjung Morawa. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 02(April), 40–46.

Taufiq, R., & Permana, A. A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Trafoindo Prima Perkasa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 4(4), 186. https://doi.org/10.36722/sst.v4i4.309

Tri Handoyo, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Dengan Metode AHP. Semantik, 3(1), 108–116.

Alim Murtopo, A., & Aynuning Putri, R. (2016). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Pegawai Menggunakan Metode SAW pada PDAM Tirta Dharma Tegal Decision Support System Design Selection Recruitment of Employees Using Simple Additive Weighting (SAW) Method in PDAM Tirta Dharma Tegal. Citec Journal, 3(2)

Benyamin, Manan. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pengambilan Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode AHP.

Rahmawati, M. S., Soekarta, R., & Sulaiman, A. A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Kriteria Dan Penerima Dalam Penentuan Bantuan Dengan Metode Simple Additive Weighting & Topsis. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 6(2), 27–36. https://doi.org/10.33506/insect.v6i2.1661

Published

2021-10-30

How to Cite

Iskandar Alam, T. H., Amri, I., & Herfadli. (2021). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : PT. Limo Jurai). Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 26–35. https://doi.org/10.33506/insect.v7i1.1813

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>