Analisa Dan Redesign Ux Pada Website Online Course Jasgo Academy Menggunakan Metode Design Sprint Dan Usability Testing
DOI:
https://doi.org/10.33506/insect.v10i1.3488Keywords:
Online Course, Website, UX, Redesign, Design SprintAbstract
Salah satu website yang menyediakan online course untuk mahasiswa di Kota Sorong adalah Jasgo Academy. Namun, masalah yang terjadi adanya fitur yang tidak terpakai atau layout yang tidak terpakai dan tata letak tampilan website online course Jasgo Academy yang tidak user friendly. Melihat pentingnya website online course Jasgo Academy sebagai penyedia layanan pendidikan berbasis daring maupun luring di Kota Sorong menjadikan perbaikan UX pada situs website tersebut sangat diperlukan. Dalam melakukan analisis dan redesign tersebut peneliti menggunakan metode design sprint dan usability testing dengan hasil sebelum redesign pada aspek time based efficiency website memperoleh 23.8 detik dan setelah redesign memperoleh 11.9 detik, time based efficiency mobile sebelum redesign memperoleh 26.7 detik dan setelah redesign 11.3 detik, pada aspek success rate website sebelum redesign memporoleh keberhasilan 95% dan setelah redesign memperoleh 100%, success rate mobile sebelum redesign memperoleh keberhasilan 95% dan setelah redesign adalah 100%, pada aspek system usability scale sebelum redesign memperoleh SUS Score 52.35 dan setelah redesign memperoleh point 86
References
W. B. Prawirayudha, H. A. Effendi, and I. M. P. Bimamukti, “Evaluasi User Interface pada Game Elmer & Minda Menggunakan Metode Usability Testing,” vol. 1, no. 12, pp. 4460–4471, 2022.
D. hidayat fahrul, “Analisis Dan Perancangan Ui Dan Ux Menggunakan Metode Design Sprint Untuk Aplikasi Pemenuhan Sdm Umkm Pada Website Usahanesia,” vol. 1, no. 1, pp. 31–41, 2023.
D. K. Arsy, W. A. Kristiana, and M. M. Achlaq, “Rancang Bangun Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Konsultasi Dokter Hewan Menggunakan Metode Design Sprint,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2372–2384, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2886.
A. Tedyyana, M. Fauzi, D. Enda, F. Ratnawati, and E. Syam, “Perancangan Aplikasi Tanggap Api Berbasis Android Fire Response Application Design Based on Android Using the,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 215–224, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294022.
R. Ramadan and H. M. Az-zahra, “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 8831–8840, 2019.
W. B. Prawirayudha et al., “Evaluasi User Interface pada Game Elmer & Minda Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 4460–4471, 2022.
N. L. G. E. Aprilianti and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sistem Informasi Sma Negeri 1 Kerambitan Menggunakan System Usability Scale,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 19, no. 1, pp. 3–11, 2021, doi: 10.34010/miu.v19i1.5069.
M. Rohandi, N. Husain, and I. W. Bay, “Usability testing of intensive course mobile application using the usability scale system,” Ilk. J. Ilm., vol. 13, no. 3, pp. 252–258, 2021, doi: 10.33096/ilkom.v13i3.821.252-258.
M. Veni, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobileacc.One menggunakan system Usability Scale (Sus) Dan Usability Testing,” 2020.
D. Supriyadi, S. T. Safitri, and D. Y. Kristiyanto, “Higher Education e-Learning Usability Analysis Using System Usability Scale,” IJISTECH (International J. Inf. Syst. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 436–446, 2020, [Online]. Available: https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/81
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teguh Hidayat Iskandar Alam, Fathurrahman Fathurrahman, Ermin Ermin, Nur Miswar, Muhamad Wafid Mutarrif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.