Analisa Dan Redesign Ux Pada Website Online Course Jasgo Academy Menggunakan Metode Design Sprint Dan Usability Testing

Authors

  • Teguh Hidayat Iskandar Alam Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fathurrahman Fathurrahman Program Studi Matematika, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ermin Ermin Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Miswar Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhamad Wafid Mutarrif Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v10i1.3488

Keywords:

Online Course, Website, UX, Redesign, Design Sprint

Abstract

Salah satu website yang menyediakan online course untuk mahasiswa di Kota Sorong adalah Jasgo Academy. Namun, masalah yang terjadi adanya fitur yang tidak terpakai atau layout yang tidak terpakai dan tata letak tampilan website online course Jasgo Academy yang tidak user friendly. Melihat pentingnya website online course Jasgo Academy sebagai penyedia layanan pendidikan berbasis daring maupun luring di Kota Sorong menjadikan perbaikan UX pada situs website tersebut sangat diperlukan.  Dalam melakukan analisis dan redesign tersebut peneliti menggunakan metode design sprint dan usability testing dengan hasil sebelum redesign pada aspek time based efficiency website memperoleh 23.8 detik dan setelah redesign memperoleh 11.9 detik, time based efficiency mobile sebelum redesign memperoleh 26.7 detik dan setelah redesign 11.3 detik,  pada aspek success rate website sebelum redesign memporoleh keberhasilan 95% dan setelah redesign memperoleh 100%, success rate mobile sebelum redesign memperoleh keberhasilan 95% dan setelah redesign adalah 100%, pada aspek system usability scale sebelum redesign memperoleh SUS Score 52.35 dan setelah redesign memperoleh point 86

References

W. B. Prawirayudha, H. A. Effendi, and I. M. P. Bimamukti, “Evaluasi User Interface pada Game Elmer & Minda Menggunakan Metode Usability Testing,” vol. 1, no. 12, pp. 4460–4471, 2022.

D. hidayat fahrul, “Analisis Dan Perancangan Ui Dan Ux Menggunakan Metode Design Sprint Untuk Aplikasi Pemenuhan Sdm Umkm Pada Website Usahanesia,” vol. 1, no. 1, pp. 31–41, 2023.

D. K. Arsy, W. A. Kristiana, and M. M. Achlaq, “Rancang Bangun Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Konsultasi Dokter Hewan Menggunakan Metode Design Sprint,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2372–2384, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2886.

A. Tedyyana, M. Fauzi, D. Enda, F. Ratnawati, and E. Syam, “Perancangan Aplikasi Tanggap Api Berbasis Android Fire Response Application Design Based on Android Using the,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 215–224, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294022.

R. Ramadan and H. M. Az-zahra, “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 8831–8840, 2019.

W. B. Prawirayudha et al., “Evaluasi User Interface pada Game Elmer & Minda Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 4460–4471, 2022.

N. L. G. E. Aprilianti and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sistem Informasi Sma Negeri 1 Kerambitan Menggunakan System Usability Scale,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 19, no. 1, pp. 3–11, 2021, doi: 10.34010/miu.v19i1.5069.

M. Rohandi, N. Husain, and I. W. Bay, “Usability testing of intensive course mobile application using the usability scale system,” Ilk. J. Ilm., vol. 13, no. 3, pp. 252–258, 2021, doi: 10.33096/ilkom.v13i3.821.252-258.

M. Veni, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobileacc.One menggunakan system Usability Scale (Sus) Dan Usability Testing,” 2020.

D. Supriyadi, S. T. Safitri, and D. Y. Kristiyanto, “Higher Education e-Learning Usability Analysis Using System Usability Scale,” IJISTECH (International J. Inf. Syst. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 436–446, 2020, [Online]. Available: https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/81

Published

2024-03-31

How to Cite

Iskandar Alam, T. H., Fathurrahman, F., Ermin, E., Miswar, N., & Mutarrif, M. W. (2024). Analisa Dan Redesign Ux Pada Website Online Course Jasgo Academy Menggunakan Metode Design Sprint Dan Usability Testing. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.33506/insect.v10i1.3488

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)