UPAYA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DALAM PENDATAAN PENDUDUK YANG KELUAR MASUK DI KOTA SORONG

Ernawati Sarifuddin, Muhammad Ridha Suaib, Arie Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi pemerintah pendataan Penduduk yang keluar masuk di Kota Sorong, dan strategi yang digunakan dalam pendataan penduduk, serta mengetahui kendala dan arternatif jalan keluar dalam mengatasi masalah kependudukan di Kota Sorong. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan penekanan pada deskriptif dan analitis. Yang menjadi populasi atau sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Catatan Sipil Kota Sorong. yang berjumlah 10 orang. Dari hasil analisis yang dilakukan maka Pemerintah Kota  Sorong  terus melakukan optimalisasi pengelolaan data kependudukan. Wujud optimalisasi tersebut adalah pelaksanaan SIAK baik on-line maupun off-line. SIAK on-line sampai saat ini telah mencakup beberapa distrik.  Untuk menunjang upaya tersebut Pemerintah Kota  Sorong membentuk instansi pelaksanaannya yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong. Namun demikian upaya optimalisasi tersebut belum semuanya mematuhi peraturan perundangan yang relevan, sehingga pengelolaan data kependudukan belum optimal. Ada beberapa factor yang menghambat upaya tersebut yakni sumber daya aperatur, sarana, teknologi, sosialisasi dan structural. Namun juga ada beberapa factor yang mendukungnya yakni poltical will pola bisnis dan semangat kerja aparatur.


Keywords


Kependudukan, Catatan Sipil, Kota Sorong

Full Text:

PDF

References


Ananta, Aris, Ismail Budhiarso dan Turro S. Wongkaren. 1995, “Revolusi Demografi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia” dalam buku: Prospek Ekonomi Indonesia Jangka Pendek: Sumber Daya, Teknologi dan Pembangunan, editor Mohamad Arsyad Anwar, Faisal H. Basri, Mohamad Ikhsan. Kerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hal Hill, 1996, Transformasi Ekonomi Indonesia Sejak 1996: Sebuah Studi Kritis dan Komprehensif, PAU (Studi Ekonomi) UGM & PT. Tiara Wacana, Yogyakarta.

Iskandar,N: 1974, Beberapa Aspek Permasalahan Kependudukan di Indonesia, special Reprint series No.4, demographic Institute FEUI, January 1974,p.19. Jakarta

Johnson,D.G. and Lee, Ronald. 1987. Population Growth and Economic Development Issues and Evidences. Madison, WI: University of Winsconsin Press, USA

Kantor Menteri Negara Kependudukan/BKKBN, 1994, Indonesia Country Report Population and Development, Jakarta, Indonesia.

Rosenzwig, Mark R. 1998, Human Capital population Growth, and Economic Development, Journal of Policy Modelling, special Issue on Population Growth and Economic Development.

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 44-51.

Undang-Undang Otonomi Daerah: Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 Tentang Peimbangan Keuangan Pusat dan pemerintahan Daerah.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2007- 2012 Kota Sorong Kabupaten Sorong Dalam Angka 2010, Badan Statistik Kota Sorong Profil Pembangunan Kota Sorong


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gradual