Profil Daya Saing Kontraktor Lokal Papua Dalam Sistem Pelelangan Secara Elektronik (SPSE) di Wilayah Propinsi Papua Barat

Authors

  • Slamet Widodo Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faried Desembardi Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hendrik Pristianto Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v4i2.159

Keywords:

daya saing, kontraktor lokal Papua, SPSE

Abstract

Dengan dilaksanakannya Otonomi Khusus sejak tahun 2001, Percepatan Pembangunan Propinsi Papua Barat, Pasar Tunggal ASEAN 2015 serta belum meratanya kualitas SDM Konstruksi pada kontraktor lokal Papua, dan saat ini ditambah lagi dengan pembaharuan teknologi dalam penerapan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang dimulai sejak tahun 2008 dan akan diupdate sepenuhnya dari versi 3 ke versi 4 pada tahun 2018, maka dipandang perlu mengevaluasi kapasitas daya saing kontraktor lokal Papua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi  profil daya saing kontraktor lokal Papua dalam mengikuti pelelangan pekerjaan melalui aplikasi SPSE. Penelitian dilaksanakan dengan  mereview data paket pekerjaan yang pelelangnya dimenangkan kontraktor lokal Papua di wilayah Propinsi Papua Barat.  Hasil penelitian didapatkan adalah profil daya saing kontraktor lokal Papua dalam memenangkan pelelangan melalui Layanan Pelelangan Secara Online (LPSE) pada kurun waktu 2015-2018 adalah berada dalam kisaran rata-rata 25,96% dari total pekerjaan yang dilelangkan di Provinsi Papua Barat. Mengingat kualifikasi perusahaan adalah bagian utama yang dinilai dalam sistem pelelangan secara online ini, dan dengan rata-rata baru 25,96% yang bisa dimenangkan oleh kontraktor lokal Papua maka mekanisme perusahaan dalam pengelolaan sumberdaya masih sangat perlu ditingkatkan kapasitasnya.

References

Hesna, Y., Siregar, S. 2013. Persepsi Penyedia Jasa Konstruksi Terhadap Efektifitas dan Efisiensi Aanwijzing Elektronik. Jurnal TeknikA.

Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kurniawan, A. 2014. Pengukuran Tingkat Kesiapan e-Learning SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Skripsi Prodi Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Nightisabha, IA., Suhardjanto, D., Cahya, B.T. 2012. Persepsi Pengguna Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pada Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap Implementasi Sistem E-Procurement. Jurnal Siasat Bisnis.

Prihastuti, N., E., Adi, T., J., W. 2014. Permasalahan dan Tantangan dalam Peningkatan SDM dan Penyediaan Kesempatan Kerja Bagi Kontraktor Putra Daerah di Propinsi Papua Barat. Prosiding Semnas Manajemen Teknologi XXII Prodi MMT-ITS .

Pristianto, H. 2012. Permasalahan dan Tantangan dalam Peningkatan SDM dan Penyediaan Kesempatan Kerja Bagi Kontraktor Putra Daerah di Propinsi Papua Barat. Academia.edu.

Pristianto, H. 2013. Naskah Evaluasi Kebijakan Sektor Konstruksi di Propinsi Papua Barat. Academia.edu.

Pristianto, H. 2014. Tinjauan Kesiapan SDM Konstruksi di Papua Barat dalam Menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015. Academia.edu.

Saktinegara, P., V. 2013. Tanggung Jawab Penyelenggara Sistem Elektronik Untuk Pengadaan Barang dan Jasa Di Lingkungan Pemerintah (Analisis Penerapan e-Procurement di Lembaga XYZ). Tesis Pascasarjana Fakultas Hukum UI.

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

Widodo, S., Desembardi, F., & Pristianto, H. (2018). Profil Daya Saing Kontraktor Lokal Papua Dalam Sistem Pelelangan Secara Elektronik (SPSE) di Wilayah Propinsi Papua Barat. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.33506/rb.v4i2.159

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>