Analisis Penjadwalan Proyek Dengan Metode Line of Balance Pada Proyek Pembangunan Perumahan Grand Efata Malibela

Authors

  • Slamet Widodo Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v8i1.1736

Keywords:

Penjadwalan Proyek, Durasi Proyek, Metode LOB, Efektivitas, Successor and Predecessor

Abstract

Perumahan merupakan kebutuhan dasar manusia di samping makanan dan sandang, hal ini yang mendasari peningkatan proyek pembangunan perumahan di Kota Sorong. Salah satunya Proyek perumahan Grand Efata yang berlokasi di Jalan Malibela Km. 11,5 Kota Sorong, Papua Barat memiliki target pembangunan dan pekerjaan perumahan pada Agustus 2020 sampai Desember 2021, namun hingga bulan Agustus 2021 terjadi perlambatan pembangunan dan pekerjaan perumahan dari target waktu yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan menerapkan metode Line of Balance (LOB) pada proyek pembangunan perumahan Grand Efata Malibela, sehingga diharapkan nantinya dapat dihasilkan solusi agar waktu penyelesaian proyek tersebut seoptimal dan seefisien mungkin. Pengunaan metode Line of Balance (LOB) yang bersifat repetitive untuk menentukan kelompok kerja pengerjaan item pekerjaan yang tipikal dan menerus dengan mengutamakan kuantitas jenis pekerjaan yang tidak menghambat jenis pekerjaan selanjutnya (successor and predecessor). Hasil penelitian menunjukkan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan proyek pembangunan perumahan Grand Efata Malibela sebanyak 156 unit selama 184 hari. Sedangkan pada time schedule existing rencana proyek diperlukan waktu selama 456 hari untuk menyelesaiakan 156 unit tersebut.

References

Amin, Mawardi. Perencanaan dan Pengendalian Proyek. Pusat Pengembangan Bahan Ajar – UMB.

Daniella, R., 2017., Penjadwalan Pembangunan Dengan Metode Line Of Balance., Universitas Negeri Gorontalo., Gorontalo.

Evrianto, W, I., 2002., Manajemen Proyek Konstruksi, Edisi Revisi, Penerbit ANDI: Yogyakarta.

Husen, A., 2009., Manajemen Proyek, Edisi Revisi., Penerbit ANDI: Yogyakarta.

Halimi, Jamalan., 2018., Analisis Penjadwalan

Ulang Dengan Menggunakan Metode LSM (Linier Scheduling Method / Line Of Balance Rescheduling Analysis with LSM/LOB Method) ., Universitas Islam Indonesia., Yogyakarta.

Prabowo, Utama., 2019., Analisis Pengguna Metode Keseimbangan Garis (Line Of Balance) Pada Proyek Konstruksi Untuk Pekerjaan Repetitif., Universitas Sumatera Utara., Medan.

Saskia, N, Lisa., 2020., Analisis Pengguna Penjadwalan Line Of Balance Pada Proyek Konstruksi Repetitif., Politeknik Negeri Sipil Balikpapan.,Balikpapan.

Sanjaya, Deco., 2013., Studi Perbandingan Penjadwalan Proyek Metode Line Of Balance (LOB) dan Precedence Diagram Method (PDM) Pada Pekerjaan Berulang (Repetitif)., Universitas Sumatera Utara., Medan.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Widodo, S. (2022). Analisis Penjadwalan Proyek Dengan Metode Line of Balance Pada Proyek Pembangunan Perumahan Grand Efata Malibela. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 8(1), 115–123. https://doi.org/10.33506/rb.v8i1.1736

Issue

Section

Articles