ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Dimas Adhitya Putra Institut Teknologi Kalimantan
  • Oryza Lhara Sari Institut Teknologi Kalimantan
  • Raftonado Situmorang Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v9i1.2044

Keywords:

Faktor Keterlambatan, Konstruksi, Proyek, SPSS

Abstract

Dalam dunia proyek konstruksi, waktu merupakan komponen terpenting dalam keberhasilan suatu proyek. Namun, kenyataannya secara umum di lapangan terdapat banyak proyek yang tidakvselesai tepatnwaktu atau mundur dari waktu yangztelah ditentukan sehingga pelaksanaannya mengalami keterlambatan. Dalam hal ini banyak proyek yang biasanya terjadi keterlambatan pada proses pelaksanaannya seperti proyek-proyek yangnada di Kota Balikpapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuisafaktor-faktor yangPmempengaruhi keterlambatanwproyek konstruksi, dan mengetahuiKfaktoroyanggpaling dominan dalam menyebabkan keterlambatan proyek konstruksi di Kota Balikpapan. Metode yangbdigunakancdalamxzpenelitian iniuyaitu metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan denganjpenyebaran kuesionerbyangmselanjutnya dilakukan analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas dan analisis faktor. Setelah dilakukan analisis diperoleh 8 faktorayang mempengaruhizketerlambatan proyek konstruksi di Kota Balikpapan yaitu kesalahan dan ketidaksesuaianbdesain, perubahankdesain olehnowner padapwaktu pelaksanaan, kurangnya kontrol / pengawasan pekerjaan di lapangan, tidak tersedianya bahan secara cukup pasti/layak sesuai kebutuhan atau kekurangan material konstruksi, metodebkonstruksi / pelaksanaan kerja yang salah atau tidak tepat, lambatnya izin pemerintah, mutu material tidak sesuai spesifikasi, dan pengumpulan data survey yang tidak memadai sebelum desain. Selain itu, dari penelitian ini juga diperolehxfaktor yangzpalingbdominan dalam menyebabkanpketerlambatan proyekzkonsturksi di Kota Balikpapan yaitu faktor kesalahan dan ketidaksesuaian desain.

References

Adhiputra, M.R. (2016), Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Konstruksi Jalan Tol (Studi Kasus : Jalan Bebas Hambatan Medan-Kualanamu, Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Eprillison, V. (2014), Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ke Program Studi Pips Pascasarjana UNP, Journal of Economic and Economic Education, Vol. 3 No. 1, hal. 53-63.

Koentjoro, N. (2005), Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ningrum, F.G.A., Hartono, W., Sugiyarto. (2017), Penerapan Metode Crashing Dalam Percepatan Durasi Proyek Dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur Dan Shift Kerja Kerja (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha, Yogyakarta)”, e-journal MATRIKS TEKNIK SIPIL, hal. 583-591.

Safrizal, M.D., Rauzana, A., M., Muttaqin. (2019), Analisis Faktor Keterlambatan Proyek Konstruksi Paling Dominan Di Kabupaten Aceh Utara, Teras Jurnal, Vol. 9, No. 2, hal. 145-152.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, CV. Hendra, S.

Triton, B.P. (2005), SPSS 13 Terapan Riset Statistik Parametik, Andi, Yogyakarta.

Priyanto, D. (2010), Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran, Gaya Media, Yogyakarta.

Published

2023-04-05

How to Cite

Dimas Adhitya Putra, Oryza Lhara Sari, & Raftonado Situmorang. (2023). ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 9(1), 017–024. https://doi.org/10.33506/rb.v9i1.2044

Issue

Section

Articles