Pemetaan Kualitas Air Sumur Bor Warga Kota Sorong

Authors

  • Nur Afdaliah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hendrik Pristianto Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v5i1.739

Keywords:

Air Tanah, Kualitas Air, Pemetaan, Sumur Bor Warga

Abstract

Air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan khususnya bagi manusia yang selama hidupnya selalu memerlukan air, namun demikian air dapat menjadi malapetaka bilamana tidak tersedia dalam kondisi yang benar. Kualitas air menyatakan tingkat kesesuaian air terhadap penggunaan tertentu dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia, mulai dari air untuk memenuhi kebutuhan langsung seperti minum dan kebutuhan sehari-hari lainnya, air irigasi atau pertanian, peternakan, perikanan, rekreasi dan transportasi. Kualitas air dapat diketahui dengan melakukan pengujian tertentu terhadap air tersebut. Pengujian yang biasa dilakukan adalah uji kimia, dan fisika. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta memetakan kualitas air sumur bor warga Kota Sorong berdasarkan parameter fisik dan kimia. Pengukuran parameter fisik terdiri dari turbidity (kekeruhan), salinitas, konduktivitas, TDS, ORP dan parameter kimia terdiri dari pH, DO, dan Fe. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari empat belas titik sumur bor warga yang tersebar di Kota Sorong, data hasil pengukuran sampel yang dilakukan secara in-situ (pengukuran langsung di lapangan). Dari hasil analisa 28,57 % titik sampel yang memenuhi baku mutu kelas II, III dan IV, 21,43 % yang memenuhi baku mutu kelas III, dan 50 % titik sampel yang hanya memenuhi baku mutu kelas IV. Adapun hasil kualitas air sumur bor warga Kota Sorong diolah dengan menggunakan aplikasi sofware untuk pemetaan arcgis dengan parameter TDS 100 % memenuhi baku mutu, pH 92,8 % memenuhi baku mutu, FE 50 % memenuhi baku mutu, dan DO untuk kelas II 25 % memenuhi baku mutu, kelas III 21,4% memenuhi baku mutu, dan kelas IV 50 % memenuhi baku mutu.

References

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air. Kanisius. Yogyakarta.

Hasrianti, Nurasia. (2014). Jurnal : Analisis Warna, Suhu, pH dan Salinitas Air Sumur Bor di Kota Palopo. Palopo : Universitas Cokroaminoto Palopo.

Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 Tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Afdaliah, N., & Pristianto, H. (2019). Pemetaan Kualitas Air Sumur Bor Warga Kota Sorong. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 5(1), 13–19. https://doi.org/10.33506/rb.v5i1.739

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)