Pendampingan Peningkatan Keterampilan Sapaan Bahasa Inggris Siswa Panti Asuhan melalui Pendekatan Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i1.4086Keywords:
Interactive Learning, English Speaking Skills, Student Skill ImprovementAbstract
Pendidikan bahasa Inggris di Papua, khususnya di Yayasan Putra Putri Al-Ikhlas, menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris dasar siswa. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah penguasaan sapaan dalam bahasa Inggris, baik yang formal maupun informal, yang sangat penting dalam interaksi sosial sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu siswa memahami penggunaan sapaan bahasa Inggris yang tepat serta meningkatkan keterampilan berbicara mereka melalui pendekatan interaktif. Pembelajaran dilakukan dalam empat pertemuan dengan metode yang melibatkan role-play dan diskusi kelompok, yang memungkinkan siswa untuk berlatih langsung dalam situasi sosial. Sebanyak enam siswa mengikuti kegiatan ini, dan pre-test dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengukur pengetahuan awal siswa, sementara post-test dilakukan setelah kegiatan untuk mengevaluasi perkembangan pemahaman mereka. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua siswa mengalami peningkatan, dengan empat siswa (Kesya, Irmawati, Dian, dan Rosaim) memperoleh peningkatan skor yang signifikan, terutama dalam penggunaan sapaan yang tepat sesuai konteks. Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan penggunaan sapaan formal dan informal. Penggunaan metode interaktif terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris, dan diharapkan dapat diterapkan lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
References
Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa mts: pemecahan masalah: motivasi: polya. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31-44. https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2003
Cut Fitriani, AR, Murniati., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2). https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/8246
Eliza Trimadona, S. S., Sumardi, M. S., Saputri, V., Pratama, A., Mahmudah, K., Putri, R., ... & Rozal, E. (2023). Pandai Speaking Bahasa Inggris Dengan Communicative Language Teaching Berbasis Cefr. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://shorturl.at/cGARs
Rudianto, S. (2024). Peningkatan Interaktif Belajar melalui Program Rabu Gembira Bagi Siswa Kelas 1-6 SD di Kampung Rama. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 45-55. https://doi.org/10.55606/jppmi.v3i4.1578
Sudewi, P. W., Putri, A. M. J., & Amrang, A. (2024). Pelatihan Penerapan Metode Pencocokan Kartu Indeks untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(3), 464-473. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jpu/article/view/10553
Sulistyo, C. A. (2017). Penerapan Metode Konvensional dan Metode Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Asing bagi Anak Dwi Kewarganegaraan: Abilash Anak Usia 10 Tahun (Doctoral dissertation, Diponegoro University). http://eprints.undip.ac.id/58400/
Tahang, H., Yuliana, Y., Hardianti, R., & Ohorella, H. M. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Asuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 4(1), 78-84. http://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/pjcs/article/view/1601
Wiyudia, N., Rokmanah, S., & Andriana, E. (2024). Analisis Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 1388-1399. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/19858
Yulianeta, Y., Faisol, M., & Hazarika, A. (2024). Apakah penggunaan role play sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa efektif?. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 189-194. https://journal.assyfa.com/index.php/jptk/article/view/250
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License