Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Pendapatan melalui Pengembangan Sistem E-Commerce Pemesanan Buket Bunga Berbasis Web Responsif di BOUQET_PKY

Authors

  • Ika Safitri Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Cici Putri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Haryadi Haryadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Prabowo STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3554

Keywords:

e-commerce, kepuasan pelanggan, pemberdayaan masyarakat, pengabdian masyarakat

Abstract

E-commerce memungkinkan transaksi dilakukan secara elektronik dan memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas tanpa batasan geografis. Usaha Bouqet_PKY di Palangkaraya saat ini memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp untuk pemesanan dan pemasaran. Namun, metode ini memiliki keterbatasan dalam hal efektivitas dan efisiensi, seperti tumpukan pesan yang harus direspons satu per satu dan risiko miskomunikasi antara penjual dan pembeli. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pemesanan berbasis web yang dapat mengatasi keterbatasan tersebut. Dalam pengembangan sistem ini, digunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem ini dikembangkan menggunakan PHP dan MySQL sebagai bahasa pemrograman, serta UML (Unified Modeling Language) untuk perancangan sistem. Perangkat lunak yang digunakan adalah XAMPP, sebuah server lokal yang mencakup program Apache, MySQL, dan PHP, sementara editor kode yang digunakan adalah Visual Studio Code. Implementasi sistem e-commerce yang responsif diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan mempercepat proses pemesanan dan mengurangi risiko miskomunikasi. Selain itu, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman pemesanan yang lebih mudah dan terorganisir. Peningkatan efisiensi dan kepuasan pelanggan ini diharapkan akan berdampak positif pada peningkatan pendapatan usaha Bouqet_PKY dan pemberdayaan masyarakat setempat, memungkinkan pelaku usaha lain untuk mengadopsi sistem serupa dan memperluas jangkauan pasar mereka.

References

Chaffey, D., Edmundson-Bird, D., & Hemphill, T. (2019). Digital business and e-commerce management. Pearson Uk.

Foster, E., & Towle Jr, B. (2021). Software engineering: a methodical approach. Auerbach Publications.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-commerce 2019: Business, technology, society. Pearson.

Miftahurrisqi, M., Windiarti, I. S., & Haryanto, D. (2021). Edukasi Dan Peningkatan Kompetensi It-Security Dan E-Commerce Bagi Mahasiswa Ma’had Asy-Syafi’i Palangkaraya. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 963–969.

Prabowo, A., Kaestria, R., & Windiarti, I. S. (2020). Students’ Engagement In Cyber Security Knowledgeability. International Journal of Advanced Science and Technology (IJAST), 29(4), 9969–9979.

Sommerville, I. (2011). Software engineering (ed.). America: Pearson Education Inc.

Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2018). Electronic commerce 2018: a managerial and social networks perspective (Vol. 2017). Springer.

Windiarti, I. S. (2021). Kajian Literatur Trend Penelitian Di Bidang Informatika Dan Komputer Untuk Dosen Dan Mahasiswa: Literature Study Of Research Trends In The Field Of Informatics And Computers For University Lecturers and Students. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 114–118.

Windiarti, I. S., & Haryanto, D. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Pelatihan Pengelolaan Website Di Pondok Pesantren Salafiyah Iqro Palangkaraya. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 123–130.

Windiarti, I. S., Miftahurrizqi, M., & Prabowo, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial pada Penggunaan Pembelajaran berbasis Mobile SI-BAJAKAH. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(2), 307–316.

Published

2024-07-18