Pengenalan Kebudayaan Tiongkok pada Anak sebagai Solusi Pengalihan dari Gawai di TK Handayani Makassar

Authors

  • Dian Sari Unga Waru Universitas Hasanuddin
  • Firman Saleh
  • Leni Cahyati Universitas Hasanuddin
  • Nirdayanti M Universitas Hasanuddin
  • Asmuliyati Nahnu Universitas Hasanuddin
  • Yunita Tetta Dendo Universitas Hasanuddin
  • SM Asmuliyati Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.3171

Keywords:

Kebudayaan Tiongkok, Anak, Gawai, TK Handayani

Abstract

Kegiatan ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, sekaligus menjadi wadah untuk program studi melakukan sosialisasi pengenalan kebudayaan Tiongkok yang menjadi representasi dari program studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok itu sendiri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pengenalan Kebudayaan Tiongkok pada Anak sebagai Solusi Pengalihan dari Gawai”. Antusias siswa dalam menerima materi dengan menunjukkan dan menyampaikan kebiasaannya dalam penggunaan gawai sehari-hari. Melalui pengenalan permainan, pakaian, budaya Tiongkok memerikan kesan kepada siswa yang menyenangkan dan ketertarikannya dalam mengetahui beberapa benda dan permainan. Guru juga merasa senang mendapatkan ide dalam menerapkan metode mengajar bagi siswa TK untuk mengalihkan kebiasaan mereka dalam menggunakan gawai mulai bangun tidur hingga ditidurkan kembali dengan gawai.

References

Asip, M. (2023). Pengelolaan Kelas: Strategi Dan Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Yang Bermutu Dan Efektif.

Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Monto. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Mudjito. 2006. Pedoman Pembuatan cerita untuk Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono Yuliana Nurani. 2009. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. Jakarta.

Siswanto. 2019. Metode pembelajaran anak usia dini dalam generasi unggul dan sukses. Jurnal Paramurobi, Vol. 2, No. 2, Juli-Desember 2019.

Salwiah. 2020. Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN: 215-5680 E-ISSN: 2657-2222. Jurnal Paramurobi, Vol. 2, No. 231-40

Rais, R., Dacholfany, M. I., Rukmana, A. Y., Mesra, R., Saleh, F., Purba, S., ... & Helmi, D. (2023). Pengembangan Perencanaan Program Pendidikan. Get Press Indonesia.

Published

2024-01-29

Issue

Section

Articles