Pengenalan Kebudayaan Tiongkok pada Anak sebagai Solusi Pengalihan dari Gawai di TK Handayani Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.3171Keywords:
Kebudayaan Tiongkok, Anak, Gawai, TK HandayaniAbstract
Kegiatan ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, sekaligus menjadi wadah untuk program studi melakukan sosialisasi pengenalan kebudayaan Tiongkok yang menjadi representasi dari program studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok itu sendiri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pengenalan Kebudayaan Tiongkok pada Anak sebagai Solusi Pengalihan dari Gawai”. Antusias siswa dalam menerima materi dengan menunjukkan dan menyampaikan kebiasaannya dalam penggunaan gawai sehari-hari. Melalui pengenalan permainan, pakaian, budaya Tiongkok memerikan kesan kepada siswa yang menyenangkan dan ketertarikannya dalam mengetahui beberapa benda dan permainan. Guru juga merasa senang mendapatkan ide dalam menerapkan metode mengajar bagi siswa TK untuk mengalihkan kebiasaan mereka dalam menggunakan gawai mulai bangun tidur hingga ditidurkan kembali dengan gawai.
References
Asip, M. (2023). Pengelolaan Kelas: Strategi Dan Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Yang Bermutu Dan Efektif.
Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Monto. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Mudjito. 2006. Pedoman Pembuatan cerita untuk Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sujiono Yuliana Nurani. 2009. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. Jakarta.
Siswanto. 2019. Metode pembelajaran anak usia dini dalam generasi unggul dan sukses. Jurnal Paramurobi, Vol. 2, No. 2, Juli-Desember 2019.
Salwiah. 2020. Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN: 215-5680 E-ISSN: 2657-2222. Jurnal Paramurobi, Vol. 2, No. 231-40
Rais, R., Dacholfany, M. I., Rukmana, A. Y., Mesra, R., Saleh, F., Purba, S., ... & Helmi, D. (2023). Pengembangan Perencanaan Program Pendidikan. Get Press Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License