Bustier Ditinjau dari Bahan Pelapis (Interfacing) dan Teknik Pengepresan

Authors

  • Agilistiya Rahayu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Amin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aulia Agus Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wahda Wahda Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i2.1240

Keywords:

Bustier, Lapisan Dalam, Teknik Pengepresan Lapisan Dalam

Abstract

Pengepresan lapisan dalam berperan penting terhadap hasil bustier. Ketersediaan mesin press pada modiste dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Busana terbatas. Setrika listrik manual merupakan alat yang biasa digunakan untuk melakukan pengepresan, berbagai bahan digunakan untuk membuat bustier. Karakteristik setiap bahan yang berbeda-beda terutama bila terkena panas. Masalah yang sering timbul setelah pengepresan lapisan dalam akibat panas yang tidak sesuai diantaranya timbul gelembung, warna kain berubah, arah serat berubah, dan sisa lem timbul pada bagian baik kain. Muncul berbagai teknik pengepresan lapisan dalam, yaitu dilapisi kain basah, disemprot air, dilapisi kertas, dan tanpa dilapisi apapun yang memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Bermacam-macam teknik pengepresan lapisan dalam diharapkan dapat memperkecil masalah yang timbul pada pengepresan lapisan dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil bustier menggunakan empat teknik pengepresan lapisan dalam dan mengetahui teknik pengepresan dalam manakah yang menghasilkan hasil terbaik.

References

Apriliani, Dede, Pendidikan Program, Studi Pendidikan, and Tata Busana. 2016. “Perbedaan Hasil Bustier Ditinjau Dari Bahan Pelapis (Interfacing) Dan Teknik Pengepresan Lapisan Dalam.â€

Di, Butik, and S M K Negeri. 2014. “REWARD PADA SUB KOMPETENSI MENJAHIT BUSTIER SISWA KELAS XI BUSANA Ratih Safitri Ratna Suhartini Abstrak.†03.

Fergusson, Malcolm et al. 2013. “Title.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Khoiriyah, Anisaul, and Musdalifah Musdalifah. 2020. “Perbedaan Hasil One Shoulder Dress Ukuran M Ditinjau Dari Bahan Thai Silk, Rayon, Dan Polyester.†TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga 8(1): 31–37.

Napitu, Nurmaya. 2011. “PERBEDAAN MUTU HASIL JAHITAN BUSTIER YANG MENGGUNAKAN 8 GARIS PRINCESS DAN 6 GARIS PRINCESS PADA WANITA BERTUBUH GEMUK.†: 37–40.

Penelitian, Latar Belakang. 2008. “Bab I ْ.†: 1–120.

Pkk, Prodi et al. 2020. “MENGGUNAKAN POLA ARUM ( STUDI KASUS LKP ARUM KOTA TEGAL ).â€

Teknik, Fakultas, Fakultas Teknik, and Universitas Negeri Surabaya. 2013. “Rinda Indriana B.†02: 7–13.

Yudiyanti, Cesaria. 2013. “Pengaruh Temperatur Dan Waktu Pengepresan Lapisan Dalam ( Interfacing ) Terhadap Kualitas Bahan Jas.â€

Downloads

Published

2021-02-12

Issue

Section

Articles