Analisa Pemahaman Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Di Distrik Salawati Kabupaten Sorong

Intan Iriani Supriatna(1), Irman - Amri(2), Moh Arief Wahyudien(3),
(1) UM SORONG
(2) UM SORONG
(3) UM SORONG

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Metode : Jurnal Teknik Industri


Full Text:    Language : en
Submitted : 2020-06-25
Published : 2020-07-30

Abstract


Penelitian ini menganalisa hubungan dan pengaruh pemahaman persepsi dan sikap masyarakat terhadap program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) serta menentukan variabel yang harus diperbaiki untuk program BSPS tahun 2018. Pada penelitian ini untuk menganalisis data adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS 22 . SEM merupakan analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel secara kompleks.Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai alat yang saya gunakan karena variabel yang saya teliti bersifat laten dengan jumlah 150 data yang terebar di 5 Kelurahan dan 1 Kampung Di Distrik Salawati yaitu : Kelurahan Katinim, Matawolot, Majener, Majaran, Walal dan Kampung Malaus Hasil dari penelitian ini adalah Varibael Pemahanan masyarakat berpengaruh positif terhadap pendamping dan toko penyalur. Varibel persepsi masyarakat tidak berpengaruh positif terhadap pendamping dan toko penyalur. Variabel sikap masyarakat tidak berpengaruh positif terhadap pendamping dan toko penyalur. Variabel BSPS tidak berpengaruh positif terhadap pendamping dan toko penyalur.Variabel yang paling dominan untuk mempengaruhi program BSPS ini adalah variabel pemahaman masyarakat dari pada variabel sikap masayarakat dan persepsi masyarakat Variabel yang perlu diperbaiki dan meningkatkan dalam program BSPS adalah variabel pemahaman karena memiliki pengaruh yang besar terhadap program.

Keywords


SEM, pemahaman, Persepsi, Sikap Masyarakat, BSPS

References


Dedi Kusdani. 2012, Persepsi Terhadap Sikap dan Minat Pengguna Layanan Internet Pada Perusahaan Jasa Asuransi. Jakarta, Asuransi UPPO Jakarta.

Dewi Urip Wahyuni. 2008, dengan judul : Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” Di Kawasan Surabaya Barat. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Fatahillah Surabaya.

Ghozali, imam, 2008, Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Amos 16, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jonathan Sarwono. http://www.Jonathansarwono.info/sem/sem.html/

Jose Rizal, Syahrul Akbar, Fachri Faisal, Zulfia Memi Mayangsari, 2014. Aplikasi SEM Pada Kajian Persepsi Masyarakat Pesisir Terhadap Bencana Tsunami Bagi Masyarakat Kota Bengkulu. Bengkulu, FMIPA Universitas Bengkulu.

Nurfikha ulfa, 2012. Presepsi dan Sikap Masyrakat Terhadap Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Di Desa Madukoro Kecamatan Kota Bumi Utara Kabupaten Lampung Utara. Lampung.

Tito Siendy Vulla, Wike Agustin Dania dan Usman Effendi . 2012 , Analisa Persepsi Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Menggunakan Metode SEM (studi kasus pada rumah makan “Mie Jogja Pak Karso “ Malang). Malang, Universitas Brawijaya.


Article Metrics

 Abstract Views : 76 times
 PDF Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.