Analisis Strategi Meningkatkan Daya Saing Dengan Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Pada Hotel Rinjani Plaza Di Kota Sorong

Authors

  • Intan Iriani Supriatna UM SORONG
  • Fahri - Affandi UM SORONG

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v4i2.989

Keywords:

Tingkat Kepentingan, Tingkat Kinerja, IPA (Importance Performamce Analysis)

Abstract

Penelitian ini menganalisa strategi meningkatkan daya saing Hotel Rinjani Plaza yang ditentukan peneliti berdasarkan wawancara terhadap pelanggan, peneliti memperoleh 26 atribut/pernyataan. 26 atirbut/pernyataan yang diperoleh, di analisis dengan metode IPA (Importance Performamce Analysis). Metode IPA (Importance Performance Analysis) sebagai rangka kerja sederhana untuk menganalisis atribut – atribut porduk pada tingkat kesesuian membandingkan antara tingkat kepentingan (harapan), dengan tingkat kinerja pelayanan. Hasil pengolahan data dengan metode IPA adalah 6 atribut masuk dalam kuadran I yang berarti harus ditangani / ditingkatkan selanjutnya kuadran II memiliki 13 atribut yang berarti kinerjanya harus di pertahankan. Sedangkan kuadran III memililki 6 atribut yang berarti dapat ditangani jangka panjang. Dan kuadran IV memiliki 2 atribut yang berarti berlebihan kinerjanya dan tidak menjadi prioritas utama.

References

Amila Khusnita, 2011, Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Bersaing, Tesis Fakultas Akuntansi Universitas Jember.

Basir, Ade Irma 2012, Analisis Tingkat Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik Dengan Metode Importance Analysis Di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong. Tesis Universitas Muhammadiyah Sorong.

Cochran, G. W. 1991. Teknik Penarikan Sampel. Jakarta: Universitas Indonesia.

Lestari, Ayu Wiji 2018, Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Pelayanan Pada Rumah Makan Pemancingan Lumintu 1001 Di Desa Janti Kabupaten Klaten. Tesis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institu Agama Islam Negeri Surakarta.

Ghufroni, Alfian Zaki 2012, Analisis Kinerja Pelayanan Dan Tanggapan Penumpang Terhadap Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar Di Kabupaten Situbondo. Universitas Muhammadiyah Malang.

Chandra E Ginting, 2006, Analisis Swot Pada Hotel Danau Toba Internasional. Tesis Fakutas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Juniawan, Diaz Muhammad 2018, Kajian Kinerja Pelayanan Sisi Darat Bandara Banyuwangi Dengan Metode IPA dan SWOT. Tesis Fakultas Teknik Sipil Universitas Brawijaya.

Haryono, Deddy 2012, Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Manulang, Ida 2008, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia Airlines di bandara polonia Medan. Tesis Universitas Sumatra Utara.

Pristianto, H., Amri I., & Rusdi, A. (2018). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong.

Wahyudien M. A. N, 2017, Analisa Pemahaman, Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan Metode SEM (Structural Equation Modelling) Studi Kasus Di Distrik Salawati Kabupaten Sorong. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sorong.

Published

19-08-2021

How to Cite

Supriatna, I. I., & Affandi, F. .-. (2021). Analisis Strategi Meningkatkan Daya Saing Dengan Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Pada Hotel Rinjani Plaza Di Kota Sorong. Metode : Jurnal Teknik Industri, 4(2), 29–38. https://doi.org/10.33506/mt.v4i2.989