PERENCANAAN SISTEM PERAWATAN PADA MESIN PENGGILINGAN PLASTIK DI BANK SAMPAH (YAYASAN MISOOL BASEFTIN)

Authors

  • Irman Amri UniversitasMuhammadiyah Sorong
  • Ashar Ashar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • George Samuel Noya Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v6i1.1635

Keywords:

sistem perawatan, mesin, proses kerja mesin

Abstract

Di dunia industri dikenal dengan suatu produk yang merupakan hasil dari suatu proses yang berkesinambugan. Proses tersebut membentuk sistem yang saling terkait satu sama lain. Hal ini dapat disebut sebagai sistem produksi yang terdiri dari masuk (input), proses operasi dan proses keluar (output). Demi kelancaran proses produksi dengan menggunakan mesin penggilingan plastik, Untuk melakukan perawatan yang baik dibutuhkan perencanaan perawatan yang tepat dan efisien. Maka dari itu perlu dilakukan perencanaan perawatan mesin penggilingan plastik, Sehingga Membandingkan Data Sebelum Dilakukan Perawatan & Data Sesudah Dilakukan Perawatan Untuk Mengetahui Hasil Proses Produksi Sampah Yang dihasilkan di Bank Sampah Hasil kesimpulan yang ada terlihat bahwa sebelum melakukan perawatan/pemeliharaan mesin bisa berdampak bagi hasil produksi yang ada dan hasil yang didapatkan adalah 1, 322 Ton dengan Total waktu keseluruhan yaitu 2,220 menit. Serta kesimpulan terlihat bahwa sesudah melakukan perawatan/pemeliharaan mesin bisa berdampak bagi hasil produksi yang ada dan hasil yang didapatkan adalah 1, 582 Ton dengan Total waktu keseluruhan yaitu 1,740 menit.

References

Annisa Mersita Majid, P. M. (n.d.). Usulan Penerapan Total Produktiv MaintenanceDengan Pengukuran OEE UNruk Perencanaan Perawatan Bar Mill Pada PT. Krakatau Wajatama, 10.

Ir. Fajar Kurniawan, M. R. (2013). Manajemen Perawatan Industri (Teknik dan Aplikasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nachnul Ansori, A., & M. Imron Mustajib.(2013).Sistem Perawatan Terpadu (Integrated MaintenanceSystem). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosa, Y. (n.d.). Perencanaan dan Penerapan Preventive Maintenance, 6.

Sulistya, W.(2013). Perencanaan Perawatan dan Perbaikan Alat Peraga Perawatan Instalasi Pompa Jenis Pompa Sentrifugal-Kapasitas 30 L/MIN, 7.

TriJoko Wibowo, A. N. (2015). PerencanaanPemeliharaan Mesin Dengan Metode Reliability Centered Maintenance d PT X, 8.

Ully Tri Kirana, J. a. (2016). S1 Teknikindustri.Perencanaan Kebijakan Perawatan Mesin CorazzaFF100 Pada Line 3 PT XYZ, 5.

Downloads

Published

19-03-2020

How to Cite

Amri, I., Ashar, A., & Noya, G. S. (2020). PERENCANAAN SISTEM PERAWATAN PADA MESIN PENGGILINGAN PLASTIK DI BANK SAMPAH (YAYASAN MISOOL BASEFTIN). Metode : Jurnal Teknik Industri, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.33506/mt.v6i1.1635

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>