RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT. MULTI USAHA RAYA SORONG

Authors

  • Teguh Hidayat Iskandar Alam Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Alvia Iryanti Panjaitan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v5i2.1618

Keywords:

Unifield Modeling Language, Karyawan, Sistem Penggajian, ERD

Abstract

Penelitian ini menganalisis, merancang, dan membangun sistem informasi penggajian karyawan PT Multi Usaha Raya Sorong, yang bergerak dibidang penyedia jasa tenaga kerja PT. Multi Usaha Raya Sorong memperoleh pendapatan dari pengguna jasa tenaga kerja tersebut dan bersumber dari data hasil pekerjaan. Dalam operasinya kurang lebih 5 bulan setiap proses penggajian akan terjadi komplain dari karyawan karena tidak sinkronnya data antara hasil pekerjaan yang di tulis karyawan dengan hasil gaji yang diolah staff, dikarenakan data yang diolah menggunakan Microsoft excel, dalam mengolah data gaji dilakukan dengan cara memilih satu per satu cell ke cell pada lembar kerja Microsoft excel agar tidak terjadi kesalahan dalam penempatannya. Dengan menggunakan metode Waterfall yang mengedepankan 4 fase yaitu, Fase Perencanaan, Fase Analisis, Fase Desain, Fase Implementasi, dan Sistem. Dari keempat fase tersebut digunakan untuk merancang Aplikasi Penggajian secara terstruktursehingga pemecahan masalah tepat sasaran. Berdasarkan latar belakang dan metode yang digunakan peneliti mendapatkan hasil yakni aplikasi penggajian tersebut dapat membantu sistem penggajian pada PT. Multi Usaha Sorong. Sistem komputerisasi dapat meningkatkan pelayanan penggajian kepada semua karyawan , dan dapat meminimalkan kesalahan yang dilakuakn secara tulis tangan seperti pencatatan, perhitungan, pengecekan, ataupun proses pemeriksaan yang membutuhkan ketelitian dan keterampilan yang sangat baik.

References

Aminudin Adi, Purnama Eka Bambang, Waidati Uly Indah. (2015). Sistem informasi penggajian pegawai pada kantor kecamatan nawangan kabupaten pacitan.

Fajrianto Otto, Iqbal Muchammad, Cahya Tubagus Jaka. (2017). Sistem penunjang keputusan seleksi penerimaan keryawan dengan metode weighted product.

Hendini Ade. (2016). Pemodelan uml sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang.

Hasyim Nurlaila, Hidayah Aeni Nur, Latisuro Wiyojo Sarwoto. (2014). Rancang bangun aplikasi sistem informasi koperasi berbasis web pada koperasi warga baru mts 17 jakarta.

Hendrawan, Nugroho Agus, Safirman Roni. M. (2015). Perancangan sistem aplikasi rekam medik pada puskesmas pakuan baru kota jambi.

Irawan Dedi, Novita Siska. (2014). Sistem informasi manajemen rumah sakit harapan bunda pringsewu lampung.

Indrayuni Elly. (2014). Website pengolahan absensi dan gaji pegawai menggunakan metode waterfall.

Josi Ahmat. (2017). Perancangan aplikasi penggajian pada perguruan tinggi.

Jiwandonu Deigo, Topowijono, Yaningwati Fransisca. (2017). Analisis sistem akuntansi penggajian dan pengukuran dalam rangka mendukung pengendalian intern.

Mesgiyono, M.M., S.T Riki Rancang bangun sistem informasi penggajian karyawan pada koperasi karyawan PT. Giken Percision Indonesia.

Muslihin, Usman. (2015). Sistem informasi pada mts ja’fariyah teluk pinang.

Pratama Aditya Yoga, Junianto Erfian. (2015). Sistem pakar diagnosa penyakit ginajl dan saluran kemih dengan metode breadth first search.

Restiana Meita, Sukadi. (2014). Sistem informasi penggajian karyawan pada commenditaire vennontschap rgl bordiran konveksi pacitan.

Siswanto Ady, Sasmito Wiro Ginanjar ,Apriliani Dyah. (2012). Aplikasi pengolahan gaji karyawan pada karlita international hotel.

Susanti Mira, Hidayatullah Rahman. (2018). Implementasi sistem informasi penggajian untuk membantu manajemen keuangan dalam pengolahan usaha.

Sophian Shopan. (2014). Pengimplementasian dan perancangan sistem informasi penjualan dan pengendalian stok barang pada toko swastika seris bangunan dengan menggunakan bahasa pemograman visual basic 6.0 didukung dengan database mysql.

Umagapi Darman, Hasan Syahril (2018). Sistem informasi pengendalian internal prosedur pencatatan akuntansi penggajian pada PT. Halmahera Karya Timur Persada menggunakan Visual Studio.

Downloads

Published

20-10-2019

How to Cite

Alam, T. H. I., Amri, I., & Panjaitan, A. I. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT. MULTI USAHA RAYA SORONG. Metode : Jurnal Teknik Industri, 5(2), 39–49. https://doi.org/10.33506/mt.v5i2.1618

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>