Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Hutan Cagar Alam Di Kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat

Authors

  • Irnawati Irnawati

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v10i1.153

Keywords:

Partisipasi Masyarakat, Cagar Alam, Hutan

Abstract

Kawasan cagar alam memiliki potensi sumberdaya alam dan jasa lingkungan yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai modal dasar pelaksanaa pembangunan Indonesia di masa yang akan datang. evaluasi kondisi komunitas hutan cagar alam di kampung Sapokren sangat berguna dalam mamantau proses regenerasi terhadap pelestarian Hutan Cagar Alam di Waigo Barat. Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan cagar alam penelitian ini terdiri atas kemauan, kemampuan dan kesempatan yang dimiliki masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan partisipasi, Perilaku masyarakat tentang upaya pelestarian dapat dilihat dari motivasi responden mengikuti kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh pemerintah setempat yang mencapai 55%  dalam tingkat sukarela motivasi masyarakat yang ikut ambil bagian dalam menjaga dan melestarikan hutan cagar alam di Kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan.

References

Arafah , N., Darusman, D., Suhardjito, D., Sundawati, J., 2008. Kaindea: Adaptasi Pengelolaan Hutan Masyarakat di Pulau-Pulau Kecil. Jurnal Manajemen Hutan Tropika Vol. XIV (3).

Djadmiko. 2007. Evaluasi Pengelolaan Kawasan Cagar Alam Mandor di Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat. Tesis Program Magister Ilmu Lingkungan. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro: Semarang.

Hardjosoemantri, Koesnadi. 1993. Hukum Perlindungan Lingkungan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Haeruman, Herman. 1988. Masalah Sosial dalam Pembangunan Kehutanan. Makalah pada Seminar Pascasarjana UI, 4-5 November 1992. Jakarta.

Papua Barat dalam angka 2015. Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Barat. BPS

Sonny Keraf. 2002. Etika lingkungan Kawasan Hutan Konservasi (Jakarta Penerbit Kompas) Hal 103.122

Soetrisno, Lelenoh. 1994. Menuju Masyarakat Partisipasi. Kanisius. Jakarta

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Irnawati, I. (2019). Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Hutan Cagar Alam Di Kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 10(1), 28–38. https://doi.org/10.33506/md.v10i1.153