Analisis Pengetahuan Etnomatematika Guru Di SDN 018/VII Muara Tebo
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.4092Keywords:
Pengetahuan Etnomatematika, Guru Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan etnomatematika dan keterampilan mengajar menggunakan pendekatan etnomatematika guru sekolah dasar di SDN 018/VII Muara Tebo, implikasi pengetahuan etnomatika dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pengetahuan etnomatematika di sekolah dasar.Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tebo Tengah, yaitu SDN 018/VII Muara Tebo. Data penelitian diperoleh menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Penggunaan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada guru kelas, kemudian data angket tersebut dianalisis untuk mengetahui tingkat pengetahuan etnomatematika guru di sekolah dasar SDN 028/VII Muara Tebo. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan mewawancarai guru kelas dan analisis dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan etnomatematika guru berada pada angka 59,8% dengan kategori sedang. Hal ini menyatakan bahwa pengetahuan guru tentang pembelajaran matematika yang berbasis pada kebudayaan lokal masih rendah.
References
Abroriy. (2020). Etnomatematika dalam Perpektif Budaya Madura. Jurnal Of Matematics and Natural Science Education, 1(3),182-192.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Indriani, Popi (2016). Implementasikan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar. Skripsi.
Maleong, J. L. (2015). Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.
Nurkholis. (2022). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknolohi. Jurnal Kependidikan, (1)1, 24-44.
Purnomo, P., Palupi, S. M. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V.Jurnal Pendidikan, 20(2), 151-157
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS. Yogyakarta: Andi
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33).
Sarwoedi., Marinka. O. D., Febriani. P., Wirne. I. (2019). Efektivitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171-176.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum. J. (2016). Persepsi Siswa Difabel Terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi di Yogyakarta. Jurnal Of Disability Studies, 3(2), 1-19.
Susanti. Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 1-12.
Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402-3416.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.