Efektivitas Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru Pendidikan Agama pada Sekolah (Multi Agama) di Kabupaten Kaimana

Authors

  • Joko Waluyo Balai Diklat Keagamaan Papua

Keywords:

pelatihan, media pembelajaran, guru pendidikan agama

Abstract

Hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa pada umumnya para guru menginginkan adanya pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai alternatif pembelajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19. Kelemahan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia terlihat saat pelaksanaan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) bagi guru pendidikan agama pada sekolah (multi agama). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap bagi guru pendidikan agama (multi agama) di Kabupaten Kaimana. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta pelatihan sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, instrument observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan di wilayah kerja bagi guru pendidikan agama pada sekolah (multi agama) di Kabupaten Kaimana terselenggara dengan efektif ditinjau dari aktivitas peserta pelatihan dan respon peserta pelatihan terhadap pelatihan pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia. Kedua aspek tersebut telah mencapai batas minimal tingkat ketercapaian yang diprasyaratkan, dengan hasil 1) Aktivitas peserta dengan persentase rata-rata hasil pengamatan sebesar 80% dengan kriteria sangat tinggi. 2) respon peserta positif ditunjukkan dengan persentase rata-rata respon 92, 92% termasuk kriterian sangat tinggi.

Kata kunci: Pelatihan, Media Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama

References

Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., & Dewi, N. P. S. R. (2020). Efektivitas pelatihan pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster (Program PkM). Jurnal Senadimas Undiksha, 1758–1765. Efektivitas pelatihan pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster (Program PkM)

Balitbang & Diklat. (2020). Kurikulum dan Silabus Pelatihan Teknis Tenaga Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Firdaus, R. (2016). Pengaruh penataan ruang kelas terhadap hasil belajar siswa kelas v (study eksperimen di sdn 4 kuripan utara) tahun 2016.

Hidayati, A. N. (2021). Efektivitas Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) TIK bagi Guru MTs di Kabupaten Bojonegoro. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 101–107. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.219

Kemendikbud. 2019. Neraca Pendidikan Daerah. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg. Diakses 30 Januari 2021

Kusmanto, B. (2016). Pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup.

Mulyanah, N., & Andriani, A. (2021). Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 67. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9229

Nahriah, N. (2020). Efektivitas Diklat Karya Tulis Ilmiah terhadap Kompetensi Menulis Widyaiswara. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 353–365. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.132

Nugroho, Y. A. (2018). Evaluasi Reaksi Peserta Pada Penyelenggaraan Diklat Diklat Aparatur Kementerian Kelautan Dan Perikanan. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 13(1), 49–60.

Nuraeni, L., Riyanto, A. (2017). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, Vol.5(Issue.2), 21–33.

Sabry, M. (2021). Efektivitas Pelatihan Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Kompetensi Penyuluh Agama Islam. Honai, 02(1), 40–60.

Waluyo, J. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Diklat di Kota Sorong. Honai, 02(2), 20–40. honai.kemenag.go.id

Waluyo, J. (2021). Optimalisasi Peran Widyaiswara Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Pelatihan. Honai, 03(2), 12–24. honai.kemenag.go.id

Wijaya, A. (2021). Eefektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Koloid Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA MA DDI Entrop Kota Jayapura. Honai, 03(2), 56–67. honai.kemenag.go.id

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2017). Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Saintifik, 3(2), 171–181. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i2.157

Downloads

Published

09/09/2022

How to Cite

Waluyo, J. (2022). Efektivitas Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru Pendidikan Agama pada Sekolah (Multi Agama) di Kabupaten Kaimana. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(1), 14–22. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/1630

Issue

Section

Articles