Manajemen Komunikasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Mengeluarkan Kebijakan di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Novita Srildayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Harmonis Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nani Nurani Muksin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aminah Swarnawati Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v9i1.2865

Keywords:

Manajemen Komunikasi, DPP IMM, Kebijakan, Pandemi Covid-19

Abstract

Studi ini membahas tentang, Manajemen Kebijakan Komunikasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah selama Pandemi Covid-19. Kehidupan masyarakat Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan karena pandemi COVID-19 yang berlangsung merubah banyak kebiasaan masyarakat. DPP IMM adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang mengalami dampak pandemi COVID-19. Oleh karena itu, manajemen komunikasi yang efektif diperlukan untuk mengatasi masalah yang muncul dalam organisasi, baik di pusat maupun daerah. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan. Informan yang terlibat dalam penelitian memahami subjek penelitian melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPP IMM melakukan penelitian tentang perencanaan kebijakan yang dapat diterapkan selama pandemi COVID-19. Kegiatan ini awalnya dilakukan secara tatap muka, tetapi sekarang dilakukan secara digital atau online. Kemudian, kebijakan tersebut juga mempercepat waktu pelaksanaan kegiatan, yang sebelumnya memakan waktu tiga hingga lima hari, menjadi hanya tiga hari dengan pengawasan instruktur yang ketat. Dengan demikian, organisasi harus menggunakan media digital saat mengembangkan organisasi pemuda dan kemahasiswaan di era modern saat ini. Selain itu, para pemimpin organisasi membutuhkan bimbingan yang akurat dan konsisten untuk melaksanakan kebijakan organisasi. Oleh karena itu, DPP IMM memberikan instruksi melalui pengoptimalan komunikasi online seperti Zoom Meeting, Group Whatsaap, dan komunikasi pribadi yang intensif, terutama untuk membangun kebijakan untuk membangun pergerakan organisasi dan menemukan solusi baru untuk memastikan aktivitas organisasi tetap berjalan dengan baik.

References

Cangara, Hafid. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta : Pustaka pelajar

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Handayuni, Linda. (2020). Rekam Medis Dalam Manajemen Informasi Kegiatan. Sumatra Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri

Handoko, T. Hani. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta. Hasibuan, Malayu S.P. 2

KepmendikbudRI.No. 155/U/1998. Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Kriyantono, Rachmat. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kusuma Indah, Dewi. Ali, Mashar. (2019). Nilai–Nilai Dalam Kepemimpinan Modern Pada Manajemen Kinerja. Lampung: CV. Gre Publishing.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2015). Komunikasi,. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia

Lesmana Putu, Dody. Elly, Antika. (2019). Manajemen Proyek Dengan Scrum. Yogyakarta: CV. Absolute Media

Moleong, Luxy J,. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif,. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offsed

Notoadmojo, S. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rikena Cipta

Priyono. (2018). Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Pujileksono. Sugeng. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Rafika Aditama

Silviani, Irene. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: PT.Scopindo Media Pustaka

Siswanto. (2007). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarsono, Dewi, K. (2020). Sistem Manajemen Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Sugiyono, Dewi K. (2013). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukirman, Silvia. (2004). Tuntunan Belajar Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendikia.

Jurnal dan Link:

Ajri Fathurrahman. (2021). Manajemen Komunikasi Yayasan Laskar Koin Seribu Melalui Program Warung Berbagi Pada Masa Pandemi Covid-19,. Jurnal AKRAB JUARA Volume 6 Nomor 3 Edisi Agustus 2021 (159-172)

Amalia, L. (2020). Analisis Gejala Klinis Dan Peningkatan Kekebalan Tubuh Untuk Mencegah Penyakit Covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research.

Daniel. Pengertian Manajemen Komunikasi: Metode Fungsi & Tujuan, dan komponen & Contoh Komunikasi. (online), (http://ekonomimanajemen.com/manajemenkomunikasi/#:~:text=Secara%20umum%2C%20tujuan%20manajemen%20komunikasi,cara%20berkomunikasi%20dengan%20pihak%20lain , diakses pada 15 September 2022)

Gunawan, Rain. (2020). Manajemen Komunikasi Organisasi Pada Hubungan Masyarakat dan Protokol dalam Lembaga Negara di Era Pandemi Covid-2019,. PRecious: Public Relations Journal Volume 1 Nomor 1 - Oktober 2020

Ido, Hadi Priyono. (2018). “Komunikasi dalam Suatu Organisasi”.Jurnal Komunikasi. Vol. 4 No.1 Tahun 2018.

Roesanto Gina Maghfira. Prasetio Arie,. (2021). Management Komunikasi pada Program Gaecep Organisasi PPKS Indonesia. Jurna e-Proceeding of management: Vol.8, ISSN: 2355-9357.

Suryani, A. I. Ardiansyah. (2018). Pengaruh Manajemen Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Perilaku Kewarganegaraan sebagai Variabel Mediasi pada Karyawan PT. Witel Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol.3 No.4, 2 - 8.

Yusuf, Bakri & Harnina Ridwan. (2018). “Manajemen Komunikasi Dalam Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah”, Jurnal Komunikasi, Vol.4 No.1 tahun 2018.

Published

2023-12-09

How to Cite

Srildayanti, N., Harmonis, Muksin, N. N., & Swarnawati, A. (2023). Manajemen Komunikasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Mengeluarkan Kebijakan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.33506/jn.v9i1.2865