Modernisasi dan Perubahan Struktur Keluarga pada Masyarakat Adat (Studi Pada Masyarakat Negeri Noloth, Saparua Maluku Tengah)

Authors

  • Manuputty Universitas Pattimura Ambon
  • Prapti Murwani Universitas Pattimura Ambon
  • Darakay Universitas Pattimura Ambon
  • Rugaya Al Hamid Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v7i2.1769

Keywords:

Keluarga, Modernisasi, Negeri Noloth

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak modernisasi terhadap perubahan struktur keluarga pada masyarakat adat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modernisasi membawa perubahan dalam struktur keluarga di Negeri Noloth. Perubahan struktur keluarga ini ditunjukkan dari adanya perubahan peran dan fungsi keluarga. Dan yang paling kelihatan adalah fungsi sosial pada masyarakat, sebelum berkembangnya teknologi keluarga di negeri Noloth sering memanfaatkanmeja makan sebagai sarana interaksi antar anggota keluarga akan tetapi sekarang antar anggota keluarga disibukkan dengan Handpon dibandingkan bercerita dengan anggota keluarga, sehingga fungsi sosial sangat kentara sekali perubahannya.

References

Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Khairuddin. (2002). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.

Lestari, P., & Pratiwi, P. H. (2018). Perubahan dalam Struktur Keluarga. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(1).

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik dalam Keluarga. Prenada Media.

Megawangi, R. (2001). Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru tentang Relasi Gender. Bandung: Mizan

Simorangkir, M. R. I. (2021, August). Peran Keluarga dalam Perkembangan Teknologi Digital Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Syahraeni, A. (2015). Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 2(1).

Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., Aliman, M., & Malang, U. N. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), 1-8.

Published

2022-06-21

How to Cite

Manuputty, F. ., Murwani, P., Darakay, J. ., & Al Hamid, R. (2022). Modernisasi dan Perubahan Struktur Keluarga pada Masyarakat Adat (Studi Pada Masyarakat Negeri Noloth, Saparua Maluku Tengah). Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 278–289. https://doi.org/10.33506/jn.v7i2.1769

Issue

Section

Articles