GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS GABRIEL ASEM (STUDI KEPEMIMPINAN BUPATI TAMBRAUW PAPUA BARAT)

Authors

  • Karsiman Karsiman Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v3i2.112

Keywords:

Gaya Kepemimpinan Demokratis, Bupati Tambrauw

Abstract

Kepemimpinan adalah sebuah topik yang masih sangat menarik untuk diteliti Kepemimpinan itu esensinya adalah pertanggungjawaban. Jenis penelitian yang dipilih dan dianggap tepat dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada observasi, interview, dan dokumen, yaitu pengumpulan data yang dilakukan melalui bahan-bahan tertulis yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Dalam penelitian ini pihak yang dijadikan informan adalah Pihak Pemerintah Kabupaten Tambrauw yaitu, Bupati Kabupaten Tambrauw, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tambrauw,Sekda Kabupaten Tambrauw, Pihak dinas pendidikan Kabupaten Tambrauw, Pihak Dinas PU, Pihak BAPPEDA, dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Tambrauw. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis taksonomis (taxonomis analysis), yaitu membentuk analisis yang lebih rinci dan mendalam dalam membahas suatu tema atau pokok permasalahan.Berdasarkan hasil penelitian, gaya kepemimpinan bupati Gabriel Asem adalah gaya kepemimpinan demokratis, dengan indikator setiap pengambilan keputusan mengutamakan musyawarah untuk mufakat dan mengutamakan kepentingan rakyat.

References

Kartono, Kartini, (2014 ) Pemimpin dan Kepemimpinan†Jakarta, Rajawali Press.

Pasolong, Harbani, (2008) Teori Administrasi Publik, Bandung, Alfabeta.

Pasolong, Harbani, (2010) Kepemimpinan Birokrasi, Bandung, Alfabeta.

Siagian, Sondang P.(1999) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Titit, Gabriel dkk, (2017) Gabriel Asem Peletak Dasar Pembangunan Tambrauw- Papua Barat ( Pemimpin Visioner, Tegas, Cerdas, Rendah Hati, dan Penggerak Lingkungan) , Yogyakarta, Deepublish.

Thoha, Miftah, (2012 ) Perilaku organisasi, dimensi-dimensi prima ilmu administrasi negara†Jakarta, PT Rajawali.

Downloads

Published

2018-03-22

How to Cite

Karsiman, K. (2018). GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS GABRIEL ASEM (STUDI KEPEMIMPINAN BUPATI TAMBRAUW PAPUA BARAT). Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 27–35. https://doi.org/10.33506/jn.v3i2.112