WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALJABAR DALAM MATEMATIKA BILINGUAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4106Kata Kunci:
Aljabar, Matematika Bilingual, Media Pembelajaran.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran matematika aljabar berbasis bilingual di SD YPK 2 Immanuel Kampung Baru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan kuis interaktif. Proses penelitian mencakup persiapan materi bilingual, pelaksanaan pembelajaran menggunakan Wordwall, serta pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi aljabar. Berdasarkan hasil kuis, siswa laki-laki aktif dan perempuan aktif menunjukkan keterlibatan tinggi serta pemahaman baik terhadap aljabar dan bahasa Inggris. Sementara itu, siswa cukup aktif, baik laki-laki maupun perempuan, menunjukkan keterlibatan sedang dengan beberapa kendala pada penguasaan bahasa Inggris. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa fitur visual dan audio dalam Wordwall membantu siswa dengan kemampuan bahasa yang beragam untuk tetap berpartisipasi aktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi berbasis gamifikasi seperti Wordwall dapat menjadi pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.
Referensi
Abror, A. N. U., Sa’adah, N. B., Indarwati, W. P., & Rahayuningsih, S. (2023). Pembelajaran Bilingual Berbasis Etnomatematika Situs Candi Brahu. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 48-56.
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 363-368.
Ferlina, L., & Fratiwi, N. J. (2024). EDUGAME WORDWALL: SEBUAH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Walada: Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.61798/wjpe.v3i2.126
FRECELIA, A. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Khairunisa, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4316
Lathifah, L. A., Rahayu, E. T., Putri, N. R., Fauzika, S. P., Pradana, F. P., & Widagdo, A. (2025). Analysis of Bilingual Learning Media in Mathematics Subjects for Elementary School Students. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(2), 373-377.
Lestari, S. R., Saleh, A. R., & Muchtar, M. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 399–407. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.800
Marlita, I. N., Patonah, S., Ariestanti, E., & Miyono, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Game dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 725-735.
Muhammad Fathurrahman, Putri Dini Retno Pratiwi, Marice Awairaro, Nazmi Al-lahmadi, Salima Silayar, & Ismail Djakaria. (2024). INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA: WAWASAN DARI TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIK. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 66–79. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3405
Mulyono, Trisnawati, N., Komayanti, & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10414
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Mahendra, F. E., & Selayar, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF EDUSTORE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO INCREASE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 63–70. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3073
Rahmadanti, A., Amril, L. O., & Efendi, I. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117–125. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086
Tohir, M. (2018). Bilingualisme dalam pembelajaran matematika. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 3(1), 185-190.
Trisnawati, N. F. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-2014
Trisnawati, Nika Fetria. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah I Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 2, Hal 26-32, Desember 2016.
Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105-115.