PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

THE INFLUENCE OF EDUSTORE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO INCREASE STUDENTS' INTEREST IN LEARNING

Authors

  • Faida Musa'ad
  • Faija Musa'ad SD Negeri 21 Kota Sorong
  • Faisal Eka Mahendra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Salima Selayar Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Edustore, Minat Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Matematika adalah ilmu dasar yang sangat penting bagi siswa. Pentingnya ilmu matematika yang dipahami oleh siswa dapat menjadi bekal untuk kehidupan sehari-hari. Kurangnya minat siswa dengan pelajaran matematika dikarenakan pelajarannya yang monoton sehingga siswa cepat merasakan jenuh. Selain proses pembelajaran yang monoton, guru juga tidak menggunakan strategi pembelajara yang menarik dan mengakibatkan siswa  memiliki mainset berpikir yang menekankan pada ketidaksukaan pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL yang digunakan dengan edustore memengaruhi minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen pretest dan posttest, dengan desain one sampel t-test. Selain itu, metode analisis deskriptif dan inferensial.  Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil posttest menjadi 75 sedangkan berdasarkan analisis data uji normalitas data  dan berada pada kategori normal, kemudian data dilakukan uji t-test, data berada pada taraf sig 0,000 kemudian data dilanjutkan untuk uji n-gain dengan rerata mencapai 0,4 dan berada pada kategori sedang. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi dengan menggunakan model PBL menggunakan aplikasi edustore dalam meningkatkan minat belajar siswa

References

Aritonatonang, keke t. (2018). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.

Ariyani, O. W., & Tego, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Despita, R., & Makmur, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 155. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29956

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. 2(3).

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas Irna Daulatina Islamiah. Journal On Education, 01(02), 451–457.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2019). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.373

Musaad, F., & Suparman, S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3).

Musa, F., Musa, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1222.

Putra, M. L. D., Suntari, Y., Diar, N., Ratnawati, I., & Adella. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Materi Bangun Kubus Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 396–402. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.65953

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), 721–724.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Setiyawan, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD. Inovasi, 19(1), 5–24.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher order thinking skills as effect of problem based learning in the 21st century learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96–105. http://ijmmu.com

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Mahendra, F. E., & Selayar, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF EDUSTORE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO INCREASE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 63–70. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3073