PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

THE INFLUENCE OF STUDENTS' ANXIETY LEVELS ON MATHEMATIC PROBLEM SOLVING ABILITY

Authors

  • Baromea Kameubun SMA YPPK St. Yohanes Paulus
  • Faisal Eka Mahendra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nazmi Al-Lahmadi Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

anxiety, pemecahan masalah matematis, kecemasan, mathematical problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tingkat kecemasan siswa terhadap kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematis mereka. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Sorong dengan melibatkan siswa kelas VIII F. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan angket kecemasan dan tes kemampuan dalam memecahkan permasalahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa secara umum adalah tinggi. Sebagian besar siswa mengalami kecemasan sedang. Selain itu, sebagian besar siswa memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan yang tinggi cenderung memiliki performa yang buruk dalam dalam memecahkan permasalahan matematis. Dalam hal ini, mereka mengalami kesulitan dalam pemahaman masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan pemeriksaan kembali. Di sisi lain, siswa dengan tingkat kecemasan rendah menunjukkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang lebih baik dalam semua indikator. Penemuan ini menunjukkan bahwa kecemasan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematis. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan dukungan yang tepat untuk membantu siswa mengatasi kecemasan dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematis mereka.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Axienty) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siwilangi Bandung, 3(1), 125-132.

Asbar. (2017). Analisis Miskonsepsi Pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dengan Menggunakan Three Tier Test. Skripsi Pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Asri, K. dkk. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurbal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185.

Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GROUP INVESTIGATION Di SMK Tuma’Ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2).

Cahyani, H. dkk. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.

Dewi, W, A, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1) ISSN 2656- 8071.

Hamidah, A., & S, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Hamimah. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Geometri.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotioent dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KLAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 15-28.

Hidayat, W., & Delifya, B, A. (2019) Kecemasan Matematik dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205-214.

Hidayat, W., & Saraningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Hosyo, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model KRATHWOHL pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Sorong. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UM Sorong. Tidak diterbitkan.

Kurniawati, A. D. & Siswono. T., Y. E. (2014). Pengaruh Kecemasan dan Self Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII Mts Negeri Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2).

Magdalena, T., Surya, E., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran MEANSENDS ANALYSIS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Kelas X SMA SWASTA BHAYANGKARI Rantauparat. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Humanora dan Pendidikan, No.1.

Mu’min, ST. dkk. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) pada Siswa Kelas V MI Asy- Syaf’iyah Kendari. Jurnal AL-Ta’bid, 10(2).

Purbaningrum, K.A. (2017). Kemampuan Belajar Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, 10(2), 40- 49.

Rahman, U. dkk. (2015. Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Negeri

Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1).

Ricardo & Meilani, R, I. Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-201.

Riski, F. dkk. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Rosadah, Miftachul., Mega Teguh Budiarto. (2013). Profil Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Diringi Musik dari Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa. 2(1).

Rosalina D. (2016). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematik Siswa SMP ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematik. Tesis pada Pascasarjana STKIP Siliwangi, Bandung: Tidak dipublikasikan.

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya (Mathematic Axienty and How To Reduce IT). Jurnal PYTHAGORAS, 3(2), 75-84.

Satriyani. 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FITK UINSH Jakarta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).

Umar, A. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Hypnoteaching Untuk Mereduksi Tingkat Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Siswa. Jurnal As-Salam, ISSN: 2528-1402.

Virene, L.E. 2011. Hubungan Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UM Sorong.

Wicaksono, A, B., & M. Saufi. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematik, ISBN: 978-979-16353-9-4.

Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 1-9

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Kameubun, B., Mahendra, F. E., Supriadi, & Al-Lahmadi, N. (2023). PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: THE INFLUENCE OF STUDENTS’ ANXIETY LEVELS ON MATHEMATIC PROBLEM SOLVING ABILITY. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–49. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2480