PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTOR BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
THE INFLUENCE OF PBL-BASED EDUCATIONAL LEARNING MEDIA TO INCREASE STUDENTS' INTEREST IN LEARNING
Kata Kunci:
PBL, Edustore, Minat BelajarAbstrak
Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat penting dimiliki oleh siswa. Pentingnya ilmu matematika yang dipahami oleh siswa dapat menjadi bekal untuk kehidupan sehari-hari. Kurangnya minat siswa dengan pelajaran matematika dikarenakan pelajarannya yang monoton sehingga siswa cepat merasakan jenuh. Selain proses pembelajaran yang monoton, guru juga tidak menggunakan strategi pembelajara yang menarik dan mengakibatkan siswa memiliki mainset berpikir yang menekankan pada ketidaksukaan pada pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PBL menggunakan edustore untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu pra experimental dengan desain one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi dengan menggunakan model PBL menggunakan aplikasi edustore dalam meningkatkan minat belajar siswa
Referensi
Aritonatonang, keke t. (2018). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.
Ariyani, O. W., & Tego, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Despita, R., & Makmur, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 155. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29956
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. 2(3).
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas Irna Daulatina Islamiah. Journal On Education, 01(02), 451–457.
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2019). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.373
Musaad, F., & Suparman, S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3).
Musa, F., Musa, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.
Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1222.
Putra, M. L. D., Suntari, Y., Diar, N., Ratnawati, I., & Adella. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Materi Bangun Kubus Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 396–402. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.65953
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), 721–724.
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Setiyawan, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD. Inovasi, 19(1), 5–24.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher order thinking skills as effect of problem based learning in the 21st century learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96–105. http://ijmmu.com
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335