EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA BAHAN AJAR MULTIMODAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

EFFECTIVENESS OF PEER TUTOR LEARNING USING MULTIMODAL TEACHING MATERIALS MEDIA INTEGER OPERATIONS

Authors

  • Arie Anang Setyo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nova Yuliani universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Aflaha universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sapnalya Julianty universitas Muhammadiyah Sorong
  • Helena Situmorang universitas Muhammadiyah Sorong
  • Haryanto Universitas Papua

Keywords:

Bahan Ajar Multimodal, Keefektivan, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Tutor Sebaya

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan adanya tujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa dalam menerapkan tutor sebaya dengan media bahan ajar multimodal pada materi operasi bilangan bulat dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu metode pre-experimental one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sorong. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar mahasiswa pada operasi bilangan bulat yang dikumpulkan pada saat pretest dan posttest. Data penelitian yang dikumpulkan ditelah secara statistik deskriptif dan uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hal ini dibuktikan dengan sebelum dan sesudahnya dilakukan penerapan tutor sebaya di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah ketuntasan hasil belajar sebesar 72,15%, terjadi peningkatan nilai minimum dan maksimum dari 7 menjadi 15 dan dari 85 menjadi 100 serta terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 46,75 dengan nilai N Gain sebesar 0,67 (0,67%). Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan media bahan ajar multimodal bulat cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sorong materi operasi bilangan bulat.

References

Adang Suganda. (2019). Pentingnya Bilangan Bulat:: Suplemen Belajar Mandiri Siswa SMP? MTS Kurikulum 2013 (1st ed.). Deepublish.

Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic, 2 (2), 81–87.

Febriyanti, B., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning BerbantuanTutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Journal Of Social Science Research, 3(3), 12–23.

Humairoh, Z., Ma’sum, M. A., & Yasmin, F. (2023). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan. Jurnal AL-Muta’aliyah, 03(02), 46–53. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i2.531

Khumairo, D. R., & Lukito, A. (2019). Kesalahan Siswa Sd Dalam Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat. MATHEdunesa, 8(1), 78–83.

Kurnia, Nurul & Awalludin, S. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Multimodal Pada Materi Barisan Dan DERET. Jurnal Pendidikan , Matematika Dan Sains, 7(1), 153–166.

Kusanti, S. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Koordinat Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas VI SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 205–217. https://doi.org/10.59525/ijois.v3i2.122

Lusi, Nofitasari; Mastur, Z. M. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Segiempat.

Mainan, S. J., Indah, M., & Budiarti, E. (2024). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat. 1(1), 21–28.

Nashir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Media Akademi.

Ngatman, N., Hidayah, R., Suhartono, S., Susiani, T. S., Salimi, M., & Khasanah, W. (2019). Optimizing Multimodal Literacy in Elementary School Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 339. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.38199

Rahmawati, D. (2021). Adaptasi Pembelajaran Di Era New Normal Melalui Pemanfaatan E-Modul Berbasis Multimodal Bagi Para Guru Mi Al-Istiqlal Desa Cibolangsari Kecamatan Klari Karawang. Dharmakarya, 10(4), 349. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i4.35655

Setyo, A A, Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). Efektivitas pembelajaran geometri analitik memanfaatkan bahan ajar digital multimodal. 11(2), 98–105.

Setyo, Arie Anang, Pomalato, S. W., Hulukati, E. P., Machmud, T., & Djafri, N. (2023). Effectiveness of TPACK-Based Multimodal Digital Teaching Materials for Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Information and Education Technology, 13(10), 1604–1608. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.10.1968

Sidik, G. S. A. A. W. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Geri Syahril Sidik Agus Ahmad Wakih.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Setyo, A. A., Yuliani, N., Aflaha, N., Julianty, S., Situmorang, H., & Haryanto. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA BAHAN AJAR MULTIMODAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT: EFFECTIVENESS OF PEER TUTOR LEARNING USING MULTIMODAL TEACHING MATERIALS MEDIA INTEGER OPERATIONS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 54–62. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3034