PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
IMPLEMENTATION OF STUDENT WORK SHEET (LKS) THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING STRATEGIES IN MATHEMATICS COURSES
Keywords:
Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs ANNUR Kota Sorong pada siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan LKS. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih signifikan daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa aktif terlibat dalam memecahkan masalah dengan menggunakan LKS, yang membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan belajar mandiri atau dalam kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
References
Arsyad Bin, R. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran yang mengacu pada Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada siswa kelas V B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Tesis. Program sarjana, universitas Muhammadiyah makassar (tidak dipublikasikan).
Arsyad, R. B., Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard untuk Pembuatan Multimedia Interaktif.
Adityawarman Hidayat1, I. I. (2017, november). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 51-63.
Dyah Worowirastri Ekowati1, I. W. (2017, juli). Penerapan Lks Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas 1. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1, 09-17.
Fathurrahman, M., Arsyad, R. B., Setyo, A. A., Kahar, M. S., Anwar, Z., Mulyono, M., ... & Mursalin, M. (2019, September). Profile of Moodle Based Evaluation Media on Mathematics Learning at SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. In Proceedings of the 1st Workshop on Multidisciplinary and Its Applications Part 1, WMA-01 2018, 19-20 January 2018, Aceh, Indonesia.
Fimmatur Rizka Ardina, C. S. (2016, februari). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1, 171-180.
Hapsara, A. S. (2020, November). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Daring Sosiologi. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5.
Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan Jb Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1. Diambil HYPERLINK "https://jurnal-"https://jurnal- dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnali deguru/article/view/145.
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Padang: Akademia Permata.
Lukitawati, Prima (UNIKAL). 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Pada Materi Geometri Transformasi Kelas VII Di SMP Ma’had Islam Pekalongan.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2 (2): 42–50. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/433/395.
Mapilindo, A. (2020, september). Persepsi Mahasiswa Fkip Tentang Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4 Tahun 2020.
Muchson2, A. S. (2020, september). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi.
Nurhayati, E. (2020, juli). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7.
Nurlatipah, Nunik, Anda Juanda, and Yuyun Maryuningsih. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem.” Jurnal Scientiae Educatia 5 (2) : 1–13.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Menyusun Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Relawati. (t.thn.). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks). Jurnal Ilmiah Dikdaya, 85-94.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia. Bogor.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media. Jakarta.
Silalahi, S., Arsyad, R. B., Hidayani, H., Kahar, M. S., & Fathurrahman, M. (2022). Analisis Kesulitan Sisa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 371-379.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sugiyono.(2013). Metode penelitian & pendidikan kuantitatif, kualitatif. Dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsih, R. M. (2015). Perbedaan Nht Berbantu Kartu Dan Diskusi Untuk Perbedaan Nht Berbantu Kartu Dan Diskusi Untuk. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.
Sunarti dan S. Rahmawati. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Beriorentasi Proses Pendidikam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2013.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Referensi. Jakarta.