Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Matematika

IMPLEMENTATION OF STUDENT WORK SHEET (LKS) THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING STRATEGIES IN MATHEMATICS COURSES

Penulis

  • rahmat arsyad
  • Hadijah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Watin Universitas Muhammadiyah Sorong

Kata Kunci:

Lembar Kerja Siswa (LKS), Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Matematika.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan lembar kerja siswa (LKS) melalui strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan di MTs ANNUR Kota Sorong pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design the nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel mengunakan teknik Purposive sampling. Instrument yang digunakan berupa perangkat pembelajaran yaitu  RPP dan lembar kerja siswa (LKS) melalui strategi pembelajaran berbasis masalah, tes uraian sebanyak 5 butir soal, angket dengan 20 butir pertanyaan dan dokumentasi berupa foto hasil kegiatan penelitian . Data hasil angket dianallisis menggunakan aplikasi SPSS V 26 diperoleh  hasil perhitungan bahwa respon siswa terhadap penerapan lembar kerja siswa (LKS) melalui strategi pembelajaran berbasis masalah mempunyai kriteria rata-rata positif hal ini dapat disimpulkan bahwa setiap siswa mempunyai tanggapan yang baik terhadap penerapan lembar kerja siswa (LKS) melalui strategi pembelajaran berbasis masalah. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat dan uji-t, dimana uji prasyarat terdiri dari uji N-Gain, uji Normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS V 26 diperoleh  data N-Gain kelas eksperimen mempunyai kriteria rata-rata sedang sedangkan kelas kontrol memiliki kriteria rata-rata rendah. Dari hal tersebut dapat kita ketahui bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Untuk uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil perhitungan berdistribusi normal dan homogen karena nilai signifikansi > 0,05. pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil dari uji   (3.374) >   (1.236) sehingga hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan secara signifikan terhadap rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan lembar kerja siswa (LKS) melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada materi aljabar.

Referensi

Arsyad Bin, R. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran yang mengacu pada Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada siswa kelas V B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Tesis. Program sarjana, universitas Muhammadiyah makassar (tidak dipublikasikan).

Arsyad, R. B., Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard untuk Pembuatan Multimedia Interaktif.

Adityawarman Hidayat1, I. I. (2017, november). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 51-63.

Dyah Worowirastri Ekowati1, I. W. (2017, juli). Penerapan Lks Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas 1. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1, 09-17.

Fathurrahman, M., Arsyad, R. B., Setyo, A. A., Kahar, M. S., Anwar, Z., Mulyono, M., ... & Mursalin, M. (2019, September). Profile of Moodle Based Evaluation Media on Mathematics Learning at SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. In Proceedings of the 1st Workshop on Multidisciplinary and Its Applications Part 1, WMA-01 2018, 19-20 January 2018, Aceh, Indonesia.

Fimmatur Rizka Ardina, C. S. (2016, februari). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1, 171-180.

Hapsara, A. S. (2020, November). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Daring Sosiologi. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5.

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan Jb Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1. Diambil HYPERLINK "https://jurnal-"https://jurnal- dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnali deguru/article/view/145.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Padang: Akademia Permata.

Lukitawati, Prima (UNIKAL). 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Pada Materi Geometri Transformasi Kelas VII Di SMP Ma’had Islam Pekalongan.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2 (2): 42–50. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/433/395.

Mapilindo, A. (2020, september). Persepsi Mahasiswa Fkip Tentang Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4 Tahun 2020.

Muchson2, A. S. (2020, september). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi.

Nurhayati, E. (2020, juli). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7.

Nurlatipah, Nunik, Anda Juanda, and Yuyun Maryuningsih. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem.” Jurnal Scientiae Educatia 5 (2) : 1–13.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Menyusun Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Relawati. (t.thn.). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks). Jurnal Ilmiah Dikdaya, 85-94.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media. Jakarta.

Silalahi, S., Arsyad, R. B., Hidayani, H., Kahar, M. S., & Fathurrahman, M. (2022). Analisis Kesulitan Sisa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 371-379.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sugiyono.(2013). Metode penelitian & pendidikan kuantitatif, kualitatif. Dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsih, R. M. (2015). Perbedaan Nht Berbantu Kartu Dan Diskusi Untuk Perbedaan Nht Berbantu Kartu Dan Diskusi Untuk. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Sunarti dan S. Rahmawati. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Beriorentasi Proses Pendidikam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2013.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Referensi. Jakarta.

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

arsyad, rahmat, Sabu, H., Setyo, A. A., & Payapo, F. (2023). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Matematika: IMPLEMENTATION OF STUDENT WORK SHEET (LKS) THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING STRATEGIES IN MATHEMATICS COURSES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 50–57. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2457