ANALISIS KESALAHAN MENYELASAIKAN SOAL STATISTIKA DAN PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG

ERROR ANALYSIS SOLVING STATISTICAL AND DATA PROCESSING PROBLEMS REVIEWED FROM THE ABILITIES OF MUHAMMADIYAH SORONG UNIVERSITY STUDENTS

Authors

  • Muhamad Ruslan Layn Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mulyono Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Yulianti Sira'a Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Clara Kadtabalubun Uiversitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Analisis Kesalahan, Kemampuan Mahasiswa, Statistika dan Pengolahan Data

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa matematika menjadi tantangan bagi sebagian peserta didik, terutama di Program Studi Pendidikan Matematika. Kesulitan tersebut mencakup pemahaman masalah, penyelesaian soal yang dianggap sulit, dan ketidaknyamanan terhadap rumus-rumus kompleks. Fokus utama penelitian ini adalah mata kuliah Statistik dan pengolahan data di Program Studi Pendidikan Matematika, yang dianggap sebagai landasan untuk pemahaman matematika lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melibatkan mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Sorong. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes, dengan tujuan mengidentifikasi kesalahan belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan belajar, terutama dalam menyelesaikan soal statistik dan pengolahan data. Analisis kesalahan mahasiswa dibagi menjadi empat jenis, yaitu kesalahan tidak menjawab, kesalahan operasi, kesalahan konsep, dan kesalahan data. Berdasarkan tingkat kemampuan, sejumlah mahasiswa ditempatkan dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Wawancara dengan mahasiswa menunjukkan bahwa kesalahan belajar disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap rumus, kesalahan operasi dalam perhitungan, dan kesalahan dalam menentukan serta menggunakan rumus. Faktor penyebab melibatkan kurangnya pemahaman materi, keinginan untuk cepat menyelesaikan soal, dan kurangnya kesadaran terhadap pentingnya rumus dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemahaman tentang kesalahan belajar mahasiswa dalam matematika, khususnya pada mata kuliah Statistik dan pengolahan data. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan membantu mahasiswa mengatasi kesulitan belajar dalam bidang matematika.

References

Amalia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX di Cimahi Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika IAIN Bengkulu, 3(1), 57–64.

Aprilia, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika MTs Kelas VIII. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–71. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.276

Ashidiqi, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Mahardika Batujajar Kelas IX E dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2010–2019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.705

Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman [an Analysis of Primary Teacher Education Students Solving Problems in Statistics for Educational Research Using the Newman Procedure]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32–36.

Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8356

Putro, E.P., & Darminto, B.P. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Ujian Akhir Semester Statistik Dasar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 18 (1), 63-68.

Raras, K.S. (2018). Analisis Newman dalam Menyelesaikan Soal Statistik ditinjau dari Matekognitif Tacit Use. Jurnal Tadris Matematika 1(2), 157-166.

Sari, D. R., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika di Bandung Barat. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 223. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1060

Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Geometri Analitik Memanfaatkan Bahan Ajar Digital Multimodal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98–105.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatife, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisnawati, N. F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Smp Negeri 2 Kota Sorong. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(3), 36. https://doi.org/10.33506/md.v9i3.15

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6126

Zebua, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal LEMMA, 6(2), 122–133. https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Layn, M. R., Arsyad, R. B., Mulyono, Sira’a, Y., & Kadtabalubun, C. (2023). ANALISIS KESALAHAN MENYELASAIKAN SOAL STATISTIKA DAN PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG: ERROR ANALYSIS SOLVING STATISTICAL AND DATA PROCESSING PROBLEMS REVIEWED FROM THE ABILITIES OF MUHAMMADIYAH SORONG UNIVERSITY STUDENTS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 43–53. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3068