EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL PADA MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI 27 KOTA SORONG MELALUI MEDIA PERMAINAN WORDWALL

Authors

  • Nika Fetria Trisnawati Universitas Muhammadiyah Sorong https://orcid.org/0000-0003-3126-9451
  • Ania Sipahelut Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Azra Fauzi STKIP Harapan Bima
  • Nova Yuliani Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Matematika Bilingual, Media Permainan, Perkalian, Wordwall

Abstract

Pembelajaran matematika yang efektif memerlukan metode dan media yang menarik bagi siswa. Penggunaan media digital seperti wordwall dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep perkalian, terutama dalam lingkungan pembelajaran bilingual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran matematika secara bilingual pada materi perkalian di SD Negeri 27 Kota Sorong dengan memanfaatkan media permainan wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui pre-test dan post-test yang melibatkan 23 siswa kelas 3. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 64,35 pada pre-test menjadi 83,26 pada post-test, dengan nilai N-Gain sebesar 0,6036 yang tergolong dalam kategori peningkatan sedang. Selain meningkatkan pemahaman konsep perkalian, penggunaan wordwall juga memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Pendekatan bilingual yang memadukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, juga memberikan manfaat dalam pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar, menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik, serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.

References

Ariantoro, T. R. (2016). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJAR. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 6.

Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., Diva, S. A., & Kudus, U. M. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2080/1089

Budi, T. L., Akbar, S., & Ana, R. W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 129–140.

Dafrinawati, D., Rasidi, R., Rahmawati, P., & Christi, A. M. (2023). Meningkatkan kemampuan berhitung perkalian melalui model pembelajaran Take and Give berbantu kartu hitung pada kelas III B SD Negeri Percobaan 2 Depok. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 139–147. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8214

Frisila, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Sd Kanisius Kadirojo Yogyakarta Kelas Iv Materi Kpk Dan Fpb. Universitas Sanata Dharma.

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125

Himmawan, D. F., & Juandi, D. (2023). Games based learning in mathematics education: A systematic literature review. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 41–50. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.13982

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225

Kalauw, S., Sundari, Ahmad, R. E., & Mardiah, A. (2024). ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN SDN 35 KOTA SORONG. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4007

Lendo, O., & Tamzil, F. (2018). Evaluasi efektivitas program pembelajaran bilingual terhadap kesempurnaan komunikasi siswa kelas 2 Sekolah Dasar Budi Luhur Pondok Aren. In Forum Ilmiah Indonusa (Vol. 15, No. 2, pp. 300-313).

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Mahendra, F. E., & Selayar, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF EDUSTORE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO INCREASE STUDENTS’INTEREST IN LEARNING. KAMBIK. Journal of Mathematics Education, 1(2), 63-70.

Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Nizaruddin, N., Nugroho, A. A., & Istikaanah, N. (2012). Efektifitas Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/159822996.pdf

Oktaviani, P. S., Casnan, C., Hadiana, O., Heriyana, T., & Nurhayati, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan Mistar Pintar Terhadap Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2), 125–136. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7814

Paulina, C., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Efektivitas penggunaan model game based learning dalam pembelajaran matematika di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12114

Putri Dini Retno Pratiwi, Trisnawati, N. F., Hidayani, & Rusani, I. (2024). PENGARUH METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN 6-9 DI KELAS V SD. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 140–150. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.3992

Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rahayu, I. R., & Rukmana, D. (2022). The effect of Game Based Learning Model assisted by Baamboozle on the multiplication operation skills of elementary school students. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1265. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9000

Rahma, T. K., Nurcahyo, A., Ishartono, N., Setyaningsih, R., Setyono, I. D., Putra, D. A., & Fitrianna, A. Y. (2023). Using wordwall as a gamification-based mathematics learning material to support students’ learning activities. PROCEEDING OF INTERNATIONAL SUMMIT ON EDUCATION, TECHNOLOGY, AND HUMANITY 2021, 2727(1), 020043.

Rahmadhani, D. A., Herwin, & Lusiana, N. (2024). The positive impact of game assisted project based learning model on students’ critical thinking ability in mathematics learning. International Journal of Elementary Education, 8(2), 354–363. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.70036

Rahmadani Salsa, S. A. R., Julianto, J., Fithriyyah, N. L., Sa’idah, E. H., Arip Piyanto, H. K., & Hidayanti, F. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model PBL berbasis games based learning muatan matematika kelas IV di SDN Kandangan II Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17625

Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall Untuk Guru Di Kelurahan Karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247–255. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2.138

Safrida, S., Harahap, S. A., & Ramadhan, N. (2024). Pengaruh metode game based learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 060799 Medan Labuhan. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 90–93. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1488

Setyowati, L. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Implementasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, 0812, 9–18. Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/573

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sulaimon, J.T (2025). The Effect of Word Wall Media on Pupils Achievement in Mathematics among Basic Three Pupils. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 30-42

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166

Tanjung, R., Setyosari, P., Sukmawati, E., Wirawan, R., & Aulia, R. (2024). Nusantara Educational Review Sistematis, 2(1), 63–69.

Trisnawati, N. F., Yuliani, N., Levina, A., Musa'ad, F., & Anwar, Z. (2024). Kartu Positif Negatif Sebagai Alternatif Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SD Negeri 18 Klawasi Kota Sorong. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 41-50.

Ummah, M. S. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS BILINGUAL DI SMP MUHAMMADIYAH 17 SURABAYA. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Trisnawati, N. F., Sipahelut, A., Fauzi, A., & Yuliani, N. (2025). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL PADA MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI 27 KOTA SORONG MELALUI MEDIA PERMAINAN WORDWALL. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–22. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/4020